Pohon Keluarga dalam Bahasa Inggris yang Siswa Perlu Tahu

Olivia Sabat - detikEdu
Minggu, 24 Okt 2021 07:45 WIB
Ilustrasi keluarga tangguh
Foto: shutterstock
Jakarta - Pohon keluarga atau silsilah keluarga adalah bagan yang menunjukkan hubungan antar anggota keluarga. Berdasarkan anggotanya, pohon keluarga terbagi menjadi dua jenis, yaitu pohon keluarga keluarga inti dan keluarga besar.

Siapa saja yang termasuk keluarga inti dan keluarga besar? Kali ini kita akan mengenal lebih dalam mengenai anggota keluarga inti dan keluarga besar.

Keluarga Inti

Dalam Oxford Dictionary, keluarga memiliki arti kelompok yang berisi satu atau dua orang tua dan anak-anaknya. Pengertian yang sama juga terkandung dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keluarga diartikan sebagai ibu dan bapak beserta anak-anaknya.

Pohon keluarga dalam bahasa Inggris juga memiliki dua istilah yaitu core family/nuclear family (keluarga inti) dan extended family (keluarga besar).

Dalam Modul Pembelajaran Bahasa Inggris oleh Nike Aditya dan Tenia Kurniawati, berikut ini yang termasuk dalam anggota keluarga inti beserta istilahnya dalam bahasa Inggris:

1. Ayah (Father/Dad)
2. Ibu (Mother/Mum)
3. Suami (Husband)
4. Istri (Wife)
5. Anak perempuan (Daughter)
6. Anak laki-laki (Son)
7. Saudara perempuan (Sister)
8. Saudara laki-laki (Brother)


Keluarga Besar

Setelah memahami anggota keluarga inti, sekarang kita akan berkenalan dengan anggota keluarga besar. Masih mengutip modul yang sama, keluarga besar adalah anggota keluarga lain yang memiliki hubungan darah karena keturunan atau pernikahan dalam keluarga inti.
Ini dia anggota keluarga yang termasuk dalam keluarga besar beserta istilahnya dalam bahasa Inggris:


1. Kakek (Grandfather/Grandad/Grandpa)
2. Nenek (Grandmother/Grandma/Granny)
3. Paman (Uncle)
4. Bibi (Aunt)
5. Sepupu (Cousin)
6. Keponakan perempuan (Nephew)
7. Keponakan laki-laki (Niece)

Manfaat Pohon Keluarga

Salah satu manfaat dari pohon keluarga adalah kita bisa mengenal anggota keluarga besar sehingga bisa saling bekerja sama dan membantu ketika menghadapi masalah.

Selain itu, melalui pohon keluarga kita juga bisa mengetahui posisi kita dalam keluarga besar sehingga bisa menjaga adab dalam keluarga. Misalnya, melalui pohon keluarga kita bisa mengetahui panggilan yang tepat untuk anggota keluarga yang lebih tua.

Jadi, sudahkah detikers mengetahui pohon keluarga masing-masing?

Tonton video Viral tentang rumah hantu drive thru di MOI Kelapa Gading di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia