Nama-nama Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris, Arti, dan Contohnya

Rahma Harbani - detikEdu
Rabu, 07 Jul 2021 15:00 WIB
Apakah ada bahasa yang paling efisien: Inggris, Arab atau Mandarin?
Foto: BBC Magazine/Nama-nama Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris, Arti, dan Contohnya
Jakarta - Salah satu hal yang paling terdekat dengan kita adalah keluarga. Dalam memahami bahasa asing, kosakata nama-nama anggota keluarga dalam bahasa inggris menjadi hal yang penting.

Dalam bahasa Inggris, keluarga disebut dengan family. Melansir kamus Oxford, keluarga disebut sebagai a group consisting of one or two parents and their children atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan kelompok yang terdiri dari satu atau dua orang tua dan anak-anak mereka.

Hal inilah yang kita kenal pula dengan keluarga inti atau nuclear family dalam bahasa Inggris. Apa saja nama anggota keluarga inti dalam bahasa Inggris?

Nama-nama Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris:

  • 1. Mother (Ibu)


Kata mother ini memiliki banyak sebutan yang akrab di telinga kita, seperti mum, mom, atau pun mommy. Mother dalam bahasa Inggris adalah sebutan untuk memanggil ibu kita dalam bahasa Indonesia.

  • 2. Father (Ayah)

Selain kata mother, kata father juga memiliki banyak variasi dalam sebutannya, misalnya daddy atau pun dad. Father adalah sebutan yang digunakan dalam bahasa Inggris untuk memanggil ayah.

  • 3. Husband (Suami)

Husband dalam bahasa Inggris merujuk pada kata suami dalam bahasa Indonesia. Artinya husband bisa digunakan untuk menyatakan bahwa ayahmu adalah seorang 'husband' untuk ibumu.

  • 4. Wife (Istri)

Pasangan dari husband adalah wife. Kata wife merupakan sebutan untuk memanggil istri. Sama dengan husband, wife juga dapat digunakan untuk pernyataan bahwa ibumu adalah 'wife' bagi ayahmu.

  • 5. Children (Anak-anak)

Kata selanjutnya adalah children yang berarti anak-anak. Children ini dapat disebut untuk menyatakan keturunan dari pasangan suami dan istri.

  • 6. Daughter (Anak perempuan)

Daughter adalah kata anak perempuan dalam bahasa Inggris. Jika sebelumnya adalah kata umum bagi anak-anak yang bentuknya jamak, yaitu children. Maka daughter adalah kata anak perempuan yang bentuknya adalah tunggal.

  • 7. Son (Anak laki-laki)

Selain daughter, juga dikenal dengan kata son yang berarti anak laki-laki. Tidak jauh berbeda, kata son juga merupakan kata yang berbentuk tunggal.

  • 8. Sister (Saudara perempuan)

Kalau kamu punya kakak atau adik perempuan, maka mereka dipanggil dengan sister dalam bahasa Inggris. Kakak perempuan dalam bahasa Inggris juga disebut dengan elder sister, untuk adik yang perempuan disebut dengan younger sister.

  • 9. Brother (Saudara laki-laki)

Untuk kakak atau adik laki-laki, dalam bahasa Inggris menyebutnya dengan brother. Sebutan lain untuk kakak laki-laki dalam bahasa Inggris adalah elder brother, sementara itu untuk adik laki-laki disebut dengan younger brother.

Selain keluarga inti atau nuclear family, bahasa Inggris juga mengenal keluarga besar atau extended family. Menurut buku Modul Pembelajaran Bahasa Inggris karya Nike Aditya dan Tenia Kurniawati, keluarga besar (extended family) adalah anggota keluarga lain yang memiliki hubungan darah karena keturunan atau pernikahan ke dalam keluarga inti.

Lantas, nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris yang lebih banyak, apa saja?

1. Grandmother artinya nenek;
2. Grandfather artinya kakek;
3. Grandparents artinya kakek-nenek;
4. Ancestor artinya nenek moyang;
5. Great grandfather artinya kakek buyut;
6. Great grandmother artinya nenek buyut;
7. Great grandparents artinya kakek nenek buyut;
9. Aunt artinya bibi;
10. Cousin artinya sepupu;
11. Nephew artinya keponakan laki-laki;
12. Niece artinya keponakan perempuan;
13. Grandchild artinya cucu;
14. Grandson artinya cucu laki-laki;
15. Granddaughter artinya cucu perempuan;
16. Grand grandchild artinya cicit;
17. Great grandson artinya cicit laki-laki;
18. Great granddaughter artinya cicit perempuan;
19. Parents in law artinya mertua;
20. Father in law artinya mertua laki-laki;
21. Mother in law artinya mertua perempuan;
22. Son in law artinya menantu laki-laki;
23. Daughter in law artinya menantu perempuan;
24. Brother in law artinya ipar laki-laki;
25. Sister in low artinya ipar perempuan.

  • Contoh penggunaan nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris:


My nama is Rafif Al Fatih. You can call me Afif. I live at KiniBalu street number 1 Tambrauw, West Papua. I have favorite color. My favorite color are black and white. Then, my favorite food are segu lempeng.

I have extended family. There are many people in my extended family. My parents, my grandmother, my grandfather, uncle, and aunt. My grandmother is Ratna and my grandfather is Rohim. I have uncle, he is Reko. And my aunt, she is Lika. We all live in different house. Although we live separately, we frequently do video call.

(Nama saya adalah Rafif Al Fatih. Kamu dapat memanggil saya Afif. Saya tinggal di jalan KiniBalu nomor 1 Tambrauw, Papua Barat. Saya memiliki warna favorit. Warna favorit saya adalah hitam dan putih. Selanjutnya saya juga memiliki makanan favorit. Makanan favorit saya adalah sagu lempeng.

Saya memiliki keluarga besar. Ada banyak orang di keluarga besar saya. Orang tua, kakek, nenek, paman, dan bibi saya. Nenek sata adalah Ratna, kakek saya adalah Rohim. Saya memiliki paman, dia adalah Reko. Dan saya memiliki bibi, dia adalah Lika. Kami tinggal di rumah yang berbeda. Meskipun kita tinggal sendiri-sendiri tetapi kita sering melakukan panggilan video.)

Selamat belajar nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris, ya!

Simak Video "TWICE Akan Rilis Single Bahasa Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia