Ini Peninggalan Kerajaan Kamboja yang Populer di Seluruh Dunia

Kristina - detikEdu
Sabtu, 23 Okt 2021 07:00 WIB
angkor wat
Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Kerajaan Khmer (Kamboja) mencapai puncak kejayaan pada abad ke-12. Salah satu peninggalan kerajaan Kamboja yang amat populer di seluruh dunia adalah Angkor Wat.

Kamboja adalah negara di daratan Indochina Asia Tenggara dan menjadi negara yang kuat di kawasan tersebut. Sebagian besar wilayah Kamboja berupa dataran dan sungai besar. Negara ini terletak di tengah jalur perdagangan penting yang menghubungkan China ke India dan Asia Tenggara.

Melansir Ensiklopedia Sejarah Dunia, Kekaisaran Khmer berlangsung sejak tahun 802 M hingga 1431 M. Pada puncaknya, kekaisaran ini menguasai sebagian besar wilayah yang sekarang adalah Kamboja, Thailand, Laos, dan Vietnam selatan.

Pada abad ke-7 M, orang Khmer mendiami wilayah di sepanjang sungai Mekong, yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Mereka mendiami wilayah tersebut dari delta hingga kira-kira perbatasan Kamboja-Laos modern.

Selama 2.000 tahun peradaban Kamboja menyerap pengaruh dari India dan China. Peradaban berlangsung dari kerajaan Hindu-Budha Funan dan Chenla (abad ke-1-8) hingga zaman klasik periode Angkor (abad ke-9-15). Mereka kemudian berpindah ke peradaban Asia Tenggara lainnya, dilansir dari Ensiklopedia Britannica.

Kerajaan Khmer mencapai puncaknya pada abad ke-12. Kejayaan tersebut ditandai dengan pembangunan kompleks candi besar yang dikenal sebagai Angkor Wat dan Bayon dan ibu kota kekaisaran Angkor Thom.

Pembangunan Angkor Wat

Kota Angkor berfungsi sebagai pusat pemerintahan dinasti raja Khmer yang terkenal paling makmur dan canggih dalam sejarah Asia Tenggara. Dari akhir abad ke-9 hingga awal abad ke-13, banyak proyek konstruksi dilakukan, yang paling menonjol adalah Angkor Wat. Angkor Wat menjadi peninggalan kerajaan Kamboja yang amat populer di seluruh dunia.

Angkor Wat dibangun oleh Raja Suryavarman II. Melansir Westport Library, pada awalnya Angkor Wat dibangun sebagai candi Hindu yang didedikasikan untuk dewa Wisnu. Candi ini diubah menjadi kuil Buddha pada abad ke-14. Patung Buddha juga dibangun di kuil ini.

Bangunan bersejarah ini memiliki kompleks luas yang terdiri dari lebih dari dari seribu bangunan. Angkor Wat juga menjadi salah satu keajaiban budaya terbesar di dunia. Keindahan artistik dari arsitektur kuno membuat kuil ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada tahun 1992.

Simak Video "Minat Perempuan Indonesia untuk Berbisnis Tertinggi di Asia Tenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia