Siapa Penemu Radio? Yuk Kenalan dengan Fisikawan Cerdas Ini

Siapa Penemu Radio? Yuk Kenalan dengan Fisikawan Cerdas Ini

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Jumat, 22 Okt 2021 13:00 WIB
Antique Radio With Cassette Player
Foto: Getty Images/iStockphoto/ArisSu/Siapa Penemu Radio? Yuk Kenalan dengan Fisikawan Cerdas Ini
Jakarta -

Guglielmo Marconi merupakan salah satu sosok yang dikenal berjasa dalam sejarah perkembangan penemuan radio melalui telegraf nirkabel.

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, Guglielmo Marconi adalah seorang fisikawan yang lahir pada 25 April 1874 di Bologna, Italia. Ia menempuh pendidikan pertamanya di Bologna, kemudian di Florence, dan melanjutkan ke sekolah teknik di Leghorn, di mana ia mempelajari ilmu fisika.

Sejak kecil, Marconi memang telah menunjukan ketertarikannya pada fisika dan elektro, sehingga ia gemar melakukan penelitian untuk mengembangkan dan menyelidiki tentang gelombang elektromagnetik.

Hal itu ia lakukan, mengikuti penemuan karya matematika oleh James Clerk Maxwell, lalu eksperimen Heinrich Hertz, sebagai orang yang pertama kali memproduksi dan mentransmisikan gelombang elektromagnetik, yang kita kenal sekarang sebagai sebutan "frekuensi", dan penemuan Sir Oliver Lodge yang melakukan penelitian mengenai petir dan listrik.

Pada tahun 1894, Marconi mencoba membuat peralatan pembangkit gelombang, yang bisa mengirimkan sinyal ke lokasi lain dari satu mil jauhnya. Namun, apa yang telah ia lakukan tidak berhasil untuk mendapatkan perhatian pemerintah Italia.

Kemudian di tahun 1896, Ia pun memutuskan untuk mengadu di London, Inggris. Disana, ia banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan penelitian mengenai teknik gelombang elektromagnetik. Selama di London, ia dibantu oleh Sir William Preece, yakni seorang kepala teknisi kantor pos.

Pada tahun 1897, Marconi mengajukan paten pertamanya. Sepupunya yang bernama Jameson Davis, telah membantu mendirikan perusahaan Marconi bernama "The Wireless Telegraph & Signal Company Limited". Ia berkesempatan untuk mendemonstrasikan sistem penemuanya. Salah satu penemuan yang ia demonstrasikan adalah penggunaan balon dan layang-layang untuk mendapatkan ketinggian lebih besar, untuk antenanya. Ia mampu mengirim sinyal melalui jarak hingga 6,4 km (4 mil) di dataran Salisbury, dan hampir 14,5 km (9 mil) melintasi Selat Bristol.

Marconi berhasil menciptakan prestasi terbesarnya, lewat penerimaan sinyal di St. Petersburg John's, Newfoundland, yang ditransmisikan melintasi Samudra Atlantik dari Poldhu di Cornwall, Inggris di tahun 1901.

Dengan demikian, Ia adalah orang pertama yang menemukan bahwa, gelombang radio dapat merambat melalui refleksi dari bagian atas atmosfer. Peristiwa itu telah menjadi titik awal dari perkembangan besar bidang komunikasi radio, penyiaran, dan layanan navigasi untuk dunia.

Atas prestasi dari hasil penelitian yang dilakukan Malconi, ia pun banyak mendapatkan gelar kehormatan dan juga beberapa penghargaan.

Berikut adalah beberapa daftar penghargaan dan gelar kehormatan yang diterima Marconi, antara lain:

Tahun 1909, menerima hadiah Nobel fisika untuk pengembangan telegrafi nirkabel.
Tahun 1991, dikirim sebagai delegasi ke konferensi perdamaian di Paris, yang menandatangani perjanjian damai dengan Austria dan Bulgaria.
Tahun 1929, menciptakan marchese dan dinominasikan ke senat Italia.
Tahun 1930, menjadi presiden terpilih dari Royal Italian Academy.

Hebatnya, perusahaan radio Marconi dapat mengakhiri isolasi perjalanan laut, dan telah menyelamatkan ratusan nyawa penumpang dari insiden tenggelamnya kapal Titanic.

Marconi wafat pada 20 Juli 1937 di Roma. Berkat jasanya dalam mengembangkan telegraf nirkabel sebagai cikal bakal penemuan radio, maka tak heran jika ia pun dijuluki sebagai "Father of Radio".

Nah, itu tadi penjelasan mengenai sosok dibalik penemuan radio. Semoga bisa menambah pengetahuan detikers semua ya!



Simak Video "Daebak! BTS Pecahkan Rekor di Apple Music"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia