4 Inovasi Terbaik 2020 di Bidang Pendidikan, Salah Satunya Robot Tutor

Kristina - detikEdu
Sabtu, 16 Okt 2021 14:20 WIB
Robot Tutor
Van Robotics ABii (Foto: IG Vanrobotics)
Jakarta - Beberapa waktu lalu majalah TIME merilis empat inovasi terbaik 2020 di bidang pendidikan. Salah satu penemuan tersebut diciptakan untuk menutup kesenjangan kemampuan matematika dan membaca untuk siswa sekolah dasar.

Inovasi adalah penciptaan atau desain ulang produk, proses, dan model bisnis untuk kepentingan organisasi. Dalam dunia pendidikan, inovasi berfokus untuk membuat perubahan positif terhadap ruang kelas, sekolah, universitas, praktik pelatihan, maupun pembelajaran organisasi, dilansir dari northeastern.edu.

Inovasi menjadi komponen penting dari kemajuan di seluruh industri, termasuk bidang pendidikan. Inovasi dalam pendidikan merupakan hal penting, mengingat pikiran anak muda yang dibentuk oleh sistem pendidikan hari ini akan menjadi pemimpin inovasi di masa depan.

4 Inovasi Terbaik 2020 Bidang Pendidikan

Berikut empat inovasi terbaik 2020 di bidang pendidikan versi majalah TIME:

1. Van Robotics ABii

Van Robotics ABii salah satu inovasi terbaik 2020 di bidang pendidikan.Van Robotics ABii salah satu inovasi terbaik 2020 di bidang pendidikan. Foto: Time

Van Robotics ABii merupakan robot tutor yang diciptakan oleh Laura Boccanfuso, CEO Van Robotics. Dia mengembangkan robot ABii, yakni robot tutor yang dirancang untuk menutup kesenjangan kemampuan matematika dan membaca siswa K-5 (istilah Amerika untuk penyebut pendidikan dari taman kanak-kanak sampai kelas lima SD).

Perangkat ini akan bekerja sebagai guru, mengingat banyaknya anak yang memilih belajar dari rumah, dengan kurikulum yang dibuat oleh pendidik bersertifikat. Inovasi ini menggunakan kamera untuk mendeteksi perubahan perhatian siswa dan mengoptimalkan pendekatan bimbingan belajarnya agar sesuai dengan masing-masing siswa.

2. Duolingo ABC

Duolingo ABC salah satu inovasi terbaik 2020 di bidang pendidikan.Duolingo ABC salah satu inovasi terbaik 2020 di bidang pendidikan. Foto: Duolingo ABC

Inovasi terbaik selanjutnya adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang dinamakan Duolingo ABC. Perusahaan Duolingo ini menghadapi tantangan baru yakni literasi anak. Duolingo ABC dapat digunakan untuk anak prasekolah hingga kelas satu.

Aplikasi baru ini seperti segmen Sesame Street interaktif yang mengajarkan anak-anak tentang dasar-dasar membaca dengan pelajaran yang menyenangkan dan sederhana. Senior Product Manager Duolingo ABC, Laura Shih yakin bahwa produk ini dapat membantu mengurangi tingkat buta huruf global.

Selanjutnya outlier.org >>>



Simak Video "Jasad Pria di Gunung Cikuray Ternyata Dikubur Hidup-hidup"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia