Syarat SKB CPNS 2021, Bisa Disiapkan Sambil Menunggu Pengumuman SKD

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 21 Okt 2021 09:00 WIB
Puluhan Peserta Tak Hadir saat Ujian CPNS di Trenggalek
Foto: Adhar Muttaqin/Syarat SKB CPNS 2021, Bisa Disiapkan Sambil Menunggu Pengumuman SKD.
Jakarta - Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB CPNS 2021 menjadi tahap selanjutnya bagi peserta calon abdi negara. Tes SKB hanya bisa diikuti peserta yang telah dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Sambil menunggu pengumuman resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), tetap persiapkan diri untuk menghadapi tes SKB yang mungkin tidak terlalu lama lagi akan dilangsungkan," kata Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih.

Salah satu persiapan yang bisa segera dilakukan adalah menyelesaikan syarat administrasi SKB CPNS 2021. Syarat ini nantinya akan dibawa saat pelaksanaan SKB.

"Kurang lebih syarat administrasi yang harus dibawa saat SKD dan SKB akan sama. Persiapkan diri dengan membaca pengumuman sedetail mungkin agar tidak merugikan diri sendiri," kata Sri.

Syarat SKB CPNS 2021

  • KTP asli
  • Kartu peserta ujian
  • Formulir deklarasi sehat
  • sertifikat vaksin minimal dosis pertama
  • Keterangan hasil tes PCR 2x24 jam atau tes antigen 1x24 jam dengan hasil negatif.

Persiapan SKB CPNS 2021 lainnya adalah memperdalam pengetahuan seputar jabatan yang dilamar. Menurut Sri, persiapan ini penting karena materi SKB sesuai dengan bidang jabatan.

Sri juga menyarankan, peserta mencari tahu dasar hukum jabatan yang diinginkan dalam CPNS 2021. Jika ingin mengisi jabatan fungsional, peserta bisa mencari tahu PermenPANRB yang mengatur jabatan tersebut dan instansi pembinanya.

SKB CPNS 2021 dilaksanakan dengan metode Computer Assisted Test (CAT). Setiap instansi juga memiliki ketentuan masing-masing mengenai tes yang akan dijalankan dalam rangkaian SKB.

Nilai hasil SKB nantinya dijumlahkan dengan SKD, yang menentukan peluang peserta lolos seleksi CPNS 2021. Menghadapi rangkaian seleksi CPNS 2021, Sri berharap peserta terus mengupdate info terbaru di instansi terkait atau portal SSCASN.

Simak Video "PKB Minta SKB 3 Menteri soal Ahmadiyah Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia