7 Ciri-ciri Calo CPNS, Patut Diwaspadai Jelang Pengumuman SKD CPNS 2021

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 21 Okt 2021 08:00 WIB
Foto: detik/7 Ciri-ciri Calo CPNS, Patut Diwaspadai Jelang Pengumuman SKD CPNS 2021.
Jakarta - Calo CPNS patut diwaspadai jelang pengumuman seleksi kompetensi dasar (SKD). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengimbau agar peserta sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN) jeli mengenali modus penipuan calo.

Ada sejumlah gelagat calo yang sebetulnya bisa dikenali. Kepala Biro SDM dan Umum Kemenpan-RB, Sri Rejeki Nawangsasih menyebutkan hal itu, seperti tertuang dalam situs resmi kementeriannya.

Berikut ini ciri calon CPNS yang wajib diwaspadai. Jangan sampai terjebak!

7 ciri-ciri calo CPNS

  1. Berusaha mendekati peserta seleksi CPNS
  2. Bersikap seolah mengenal
  3. Berada di sekeliling peserta
  4. Memberi nomor dan menginformasikan jika mereka bisa membantu agar peserta bisa lulus
  5. Menyebutkan kedekatan mereka dengan pejabat instansi terkait, terutama di lingkungan Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian negara (BKN)
  6. Berada di sekitar kantor instansi yang punya regulasi rekrutmen
  7. Bisa berpakaian seperti pegawai Kemenpan-RB.

"Mereka bisa saja menyerupai pegawai Kementerian PANRB, baik dari segi pakaian seperti batik atau bahkan mengikuti seragam kami. Ini yang harus benar-benar diwaspadai oleh masyarakat dan para generasi muda yang ingin jadi PNS," terang Sri ketika ditemui pasca SKD CPNS Kemenpan-RB, seperti dikutip dari situs kementerian tersebut pada Rabu (20/10/2021).

Lantas, apa saja yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan situasi seperti digambarkan di atas? Pertama, peserta bisa melakukan cek dan konfirmasi pada instansi yang bersangkutan.

Sri menegaskan bahwa seleksi aparatur sipil negara tidak dipungut biaya sama sekali, sehingga siapa saja yang meminta imbalan untuk kelulusan CPNS, patut diwaspadai.

Terkait pelaksanaan SKD CPNS sendiri, ada prosedur yang perlu dilakukan oleh setiap pelamar. Pertama, penerapan protokol kesehatan yang ketat. Kedua, pelamar wajib cek suhu tubuh, cuci tangan, melakukan pengecekan dokumen, dan pencocokan wajah berdasarkan KTP dan Kartu Peserta Ujian.

Demikianlah sejumlah ciri-ciri calo CPNS yang perlu diwaspadai peserta SSCASN 2021. Catat baik-baik ya, detikers!

Simak video 'Apa Jadinya Tes CPNS Rasa Squid Game?':

[Gambas:Video 20detik]



(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia