Penemuan Matematika yang Diperjualbelikan

Dhika Widayat - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 08:02 WIB
Dhika Widayat
Dhika Widayat
Dhika Widayat adalah founder dari akun instagram ngajimatematika. Akun yang membahas matematika dari sisi yang jarang dibahas. Dhika Widayat juga seorang penggemar berat matematika sejak SD.
Matematika menjadi momok yang menakutkan bagi semua siswa
Foto: detikcom
Jakarta - detikers tidak salah baca judulnya. Ternyata penemuan matematika pernah diperjualbelikan. Tidak selalu nama yang tersemat dalam sebuah rumus atau konsep matematika adalah nama penemunya. Ada beberapa penemuan yang diklaim oleh orang lain, kalau ini sudah lumrah. Ternyata ada penemuan matematika yang bukan diklaim oleh orang lain, namun disepakati untuk diperjualbelikan.

Para penggemar matematika pasti tahu tentang satu aturan dalam bidang Kalkulus. Terutama pada bab limit. Namanya adalah Aturan L'Hôpital. Aturan L'Hôpital merupakan sebuah teknik derivatif yang berguna untuk menentukan nilai limit yang melibatkan bentuk tak tentu.


Aturan atau Dalil ini sangat membantu untuk menghitung suatu nilai limit dengan mengubah bentuk tak tentu menjadi bentuk tentu. Secara matematis Aturan L'Hôpital dituliskan dengan:

Ilustrasi penemuan matematika

Penemu dalil atau aturan ini biasanya akan dinisbatkan kepada seorang matematikawan Prancis bernama Guillaume de L'Hôpital. L'Hôpital mempunyai seorang guru bernama Bernoulli. Beliau juga merupakan matematikawan yang cukup terkenal. Bernoulli inilah yang banyak memberikan ilmu tentang matematika kepada L'Hôpital. Termasuk tentang yang sekarang kita kenal dengan aturan L'Hôpital.

Konon L'Hôpital pernah diminta bantuan oleh salah satu temannya bernama Huygens. Lalu dikirimkanlah oleh L'Hôpital penyelesaian yang didapatnya dari Bernoulli gurunya. Namun kesalahpahaman terjadi, Huygens menyebutkan penyelesaian tersebut adalah karya L'Hôpital.

Hal ini menyebabkan L'Hôpital menjadi cukup terkenal. Entah apa yang ada di dalam pikirannya, L'Hôpital melobi gurunya, Bernoulli. Akhirnya mereka menyepakati untuk tetap menisbatkan aturan atau dalil tersebut kepada L'Hôpital, dengan pembayaran sebesar 300 pounds oleh L'Hôpital kepada Bernoulli.

Bahkan konon, 300 pounds itu hanya uang muka dari L'Hôpital. Selanjutnya Bernoulli diminta untuk memberitahu L'Hôpital tentang setiap penemuannya sebelum dipublikasikan. Entah apa yang dua ilmuwan besar ini pikirkan. Walau akhirnya Bernoulli mengklaim ulang aturan tersebut setelah L'Hôpital meninggal. Namun tidak ada yang percaya.

Simak Video "Drama Perselingkuhan Jessica Jane-Ericko-Listy yang Jadi Buah Bibir"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia