Ar Rahim Artinya Yang Maha Penyayang, Satu dari 99 Asmaul Husna

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 15 Okt 2021 06:00 WIB
Holy Al-Quran with Allah name on it embraced with beads.
Foto: iStock/Ar Rahim Artinya Yang Maha Penyayang, Satu dari 99 Asmaul Husna.
Jakarta - Ar Rahim merupakan salah satu Asmaul Husna yang perlu dipahami maknanya. Nama Ar Rahim disebut hingga 95 kali dalam Al Quran, salah satunya dalam surat Al Hijr ayat 49,

نَبِّئْ عِبَادِي أَنِّي أَنَا الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Artinya: "Kabarkanlah kepada hamba-hamba-Ku, bahwa Akulah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang."

Selain itu, nama Ar Rahim juga biasanya disebut bergandengan dengan nama Ar Rahman. Sebab itu, Ar Rahim juga kerap dianggap sebagai kelanjutan dari sifat Asmaul Husna Ar Rahman. Misalnya dalam surat Al Fatihah ayat 1 dan 3,

(1) بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
(3) الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."

Berikut penjelasan lebih lengkap tentang arti, wujud, dan keutamaan Ar Rahim

A. Ar Rahim artinya Yang Maha Penyayang

Berdasarkan kedua dalil di atas, terlihat Ar Rahim artinya adalah Yang Maha Penyayang, sebagaimana dikutip dari buku Cerita & Makna Asmaul Husna Untuk Anak karya Siti Wahyuni dan Arini Nurpadilah. Ar Rahman, nama yang sering digandengkan dengan Ar Rahim memiliki arti Yang Maha Pengasih.

Meski memiliki makna yang mirip, pemahaman Ar Rahim berbeda dengan Ar Rahman. Perbedaannya terletak pada subjek yang dimaksud. Artinya, Ar Rahman ditujukan pada seluruh makhluk Allah SWT tanpa melihat keimanannya.

Sementara, Ar Rahim ini hanya ditujukan bagi orang-orang yang beriman kepadaNya. Sebab itu, orang yang beriman akan mendapat limpahan berupa sifat Ar Rahman dan Ar Rahim dariNya.

Dikutip dari Asmaul Husna: 99 Kisah Terpilih karya Bima Al Fakir Sasetyo, Ar Rahim berasal dari kata ar-rahmah yang tersusun dari huruf ra, ha, dan mim. Menurut Ibnu Abbas dalam Fathu al-Bari, nama Ar Rahim terkandung makna kelemahlembutan, kasih sayang, dan kehalusan.

Berikut juga Ar Rahman yang berasal dari kata ar-rahmah. Sebab itu, kedua kata ini cenderung disebut secara bergandengan bersamaan dalam satu ayat Al Quran.

B. Wujud Ar Rahim artinya Yang Maha Penyayang

Menukil dari sumber buku sebelumnya, wujud sifat Ar Rahim dari Allah SWT dapat dibuktikan dalam salah satu kisah sahabat nabi. Pelayan Rasulullah SAW Abu Zain Usamah bin Zaid bin Haritsah RA bercerita, seorang putri nabi datang menyampaikan salam dan pesan dari beliau ketika anaknya sakit menjelang ajal.

"Sesungguhnya milik Allah-lah segala apa yang diambil dan milik-Nya juga segala yang diberikan. Segala sesuatu di sisi-Nya mempunyai ketapan ajal. Jadi, hendaklah engkau bersabar dan menerimanya dengan senantiasa mengharapkan pahala," ujar putri nabi tersebut.

Kemudian, Rasulullah SAW datang bersama Sa'ad bin Ubadah, Mu'adz bin Jabal, Ubay bin Ka'ab, Zaid bin Tsabit, dan sejumlah sahabat lain. Beliau kemudian mengangkat dan mendekap anak yang napasnya sudah tersendat-sendat itu hingga meneteskan air mata.

Melihat kejadian tersebut, Sa'ad kemudian bertanya, "Wahai Rasulullah, gerangan apa yang terjadi?"

"Ini adalah rahmat kasih sayang yang Allah jadikan dalam hati para hamba-Nya yang Dia kehendaki. Allah hanya memberi kasih sayang kepada para hamba-Nya yang mempunyai kasih sayang," ujar Rasulullah SAW.

C. Keutamaan Ar Rahim artinya Yang Maha Penyayang

Dikutip dalam buku berjudul Rahasia Kedahsyatan Asmaul Husna oleh Titin Supartinah S.Pd disebutkan ada salah satu keutamaan dari nama baik milik Allah SWT ini. Salah satunya adalah keutamaan bagi yang membaca dzikir Ya Rahiim sebanyak 100 kali.

"Barang siapa yang membaca 'Ya Rahiim' sebanyak 100 kali setelah mengerjakan sholat subuh, niscaya ia akan mendapatkan kasih sayang dari semua makhluk dan terhindar dari semua bencana dan malapetaka," tulis Titin Supartinah.

Jadi, detikers bisa mulai berdzikir dengan membaca 'Ya Rahiim' untuk meraih keutamaan dari Allah SWT ya. Semoga informasi terkait Asmaul Husna Ar Rahim yang artinya Maha Penyayang ini pun dapat meningkatkan keimanan kita kepadaNya. Aamiin.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia