Apa Itu Komplikasi dalam Cerita Pendek? Ini Unsur-Unsur Pembangunnya

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 11 Okt 2021 13:15 WIB
Ilustrasi
Foto: (Istimewa)/Apa Itu Komplikasi dalam Cerita Pendek? Ini Unsur-Unsur Pembangunnya
Jakarta - Di dalam cerita pendek atau cerpen terdapat komplikasi. Komplikasi adalah bagian dari unsur-unsur pembangun cerpen yang termasuk ke dalam alur.

Selain unsur-unsur pembangun cerpen, terdapat pesan atau amanat yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Untuk mengetahui pesan atau amanat yang terkandung dalam cerpen, kita dapat mengetahuinya dengan membaca dan memahami keseluruhan isi cerita lalu menyimpulkannya.

Unsur-unsur pembangun cerpen adalah tema, latar, alur, konflik, penokohan, dan sudut pandang. Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dalam buku Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI karya Tim Ganesha Operation.

Unsur Pembangun dalam Cerpen:

  • 1. Tema adalah pokok pikiran atau ide yang melandasi suatu cerita.
  • 2. Latar adalah penggambaran waktu, tempat, dan suasana dalam cerita.
  • 3. Alur/ plot/ jalan cerita merupakan rangkaian peristiwa atau urutan bagian-bagian dalam keseluruhan cerita. Dalam cerpen, struktur alur terdiri atas orientasi/ perkenalan, komplikasi/ pertentangan, resolusi, evaluasi dan koda yang bersifat opsional.

- Orientasi atau pengenalan merupakan tahap memperkenalkan tokoh utama dan hubungan antar tokoh dalam cerita serta penataan cerita.

- Pertentangan atau komplikasi adalah merupakan timbulnya konflik serta perkembangan konflik hingga mencapai puncak konflik.

- Resolusi merupakan penyelesaian konflik-konflik yang terjadi pada tahap komplikasi.

- Evaluasi merupakan penilaian terhadap jalannya cerita atau konflik.

- Koda merupakan bagian akhir cerita yang berupa kesimpulan tentang kejadian atau penyelesaian cerita.

  • 4. Tokoh dan penokohan adalah tokoh-tokoh yang berperan dalam cerita dan penciptaan citra mereka. Penciptaan citra adalah pembentukkan watak atau karakter tokoh-tokoh tersebut, misalnya pemarah, jujur, dan lain-lain.Dalam cerpen terdapat tokoh protagonis (tokoh utama), antagonis (penentang tokoh utama), dan tritagonist (tokoh pembantu).
  • 5. Sudut pandang adalah cara pengarang dalam menyampaikan ceritanya. Dengan kata lain, sudut pandang adalah cara pengarang menempatkan dirinya dalam cerita. Sudut pandang sendiri ada dua macam yaitu orang pertama dan orang ketiga.

Contoh analisis cerpen:

CerpenCerpen Foto: Screenshoot pribadi

Tema: kasih sayang orang tua.

Penokohan: seorang petani kaya yang bijaksana, sementara kelima anaknya pemalas.

Alur: beralur maju, yaitu sang petani kaya memberi warisan kepada kelima anaknya berupa harta terpendam. Setelah digali, ternyata harta tersebut tidak ada. Kelima anak itu, akhirnya menanami tanah itu. Ternyata harta terpendam yang dimaksud sang Ayah adalah tanah yang harus ditanami dengan kerja keras.

Latar: rumah petani dan kebun atau tanah.

Teknik bercerita: sudut pandang orang ketiga.

Jadi komplikasi adalah awal munculnya dari konflik di dalam cerpen ya! Apa detikers sudah memahami unsur-unsur pembangun cerpen?

Simak Video "Potensi Risiko Operasi Jantung Bisa Ditekan dengan Cara Berikut!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia