Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Tim untuk Kompetisi FIVB

Olivia Sabat - detikEdu
Selasa, 05 Okt 2021 20:30 WIB
Tim bola voli putra Indonesia bersiap menghadapi tim Korea Selatan dalam Pertandingan bola voli babak perempat final Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (28/8). Indonesia kalah 0-3. ANTARA FOTO/INASGOC/Nugroho Sejati/mos/18
Berapa jumlah pemain bola voli dalam satu tim saat kompetisi? (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Nugroho Sejati/mos/18)
Jakarta -

Jumlah pemain bola voli dalam satu tim perlu diketahui jika ingin memainkan permainan ini. Dalam artikel kali ini kita akan membahasnya lengkap dengan teknik dasar permainannya.

Permainan bola voli diciptakan pertama kali pada 1895 oleh Willam C. Morgan, Direktur Pendidikan Jasmani Organisasi Young Man Christian Assosiation (YMCA) di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Sebelum dikenal dengan nama bola voli, permainan ini dikenal dengan nama Mintonette. Lalu, pada 1896, Alfred T. Halstead mengubah namanya menjadi voli karena sesuai dengan ciri khas permainan ini, yaitu bola tetap melambung dan tidak boleh menyentuh tanah selama permainan (volley).

Permainan bola voli ini cukup populer di Indonesia, lho. Bola voli memiliki induk organisasi bernama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang saat ini diketuai oleh Imam Soedjarwo (2018-2022).

Untuk memainkan permainan ini, kamu tentu membutuhkan pemain. Jumlah pemain bola voli dalam satu tim terdiri dari 6 orang dengan posisi yang berbeda-beda. Biasanya tiga berada di dekat net, sisanya berada di belakang garis serang.

Posisi pemain bola voli dibedakan atas

1. Tosser/setter adalah pemain yang bertugas mengumpankan bola kepada teman satu tim untuk mengatur jalannya permainan

2. Smasher/spiker merupakan pemain yang bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan.

3. Libero yang bebas keluar dan masuk, tetapi tidak boleh melakukan smash,

4. Defender yang bertahan untuk menerima serangan lawan.

Dikutip dari Event Regulations FIVB versi 13 November 2020, untuk kompetisi yang digelar FIVB jumlah pemain bola voli dalam satu tim yang bisa didaftarkan sebanyak 12-14 pemain.

Nah, aturan tersebut juga mengatur jika yang didaftarkan lebih dari 12 pemain maka pemain yang berposisi sebagai libero harus dua orang. Meskipun satu tim bisa hingga 14 pemain, jumlah pemain bola voli yang berada di lapangan tetap 6 orang. Sisanya menjadi cadangan.

Selanjutnya teknik dasar permainan bola voli >>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia