Markas Besar PBB Terletak di Mana? Ini 7 Faktanya

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 02 Okt 2021 11:15 WIB
Ilustrasi ruang sidang PBB (Situs PBB - UN Photo/Ryan Brown)
Foto: Ilustrasi ruang sidang PBB (Situs PBB - UN Photo/Ryan Brown)
Jakarta - Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan organisasi dunia yang penting kehadirannya. Dalam pelaksanaan sidang, organisasi ini biasa melaksanakannya di markas besar milik mereka.

Adapun, markas besar PBB terletak di kota New York, Amerika Serikat. Tetapi, lokasi markas besar PBB ini memiliki fakta-fakta menarik lainnya yang harus diketahui.

Fakta Markas Besar PBB dikutip dari laman World Federation of United Nations Associations

1. Markas Besar PBB Terletak di Manhattan

Markas besar PBB terletak di New York, tepatnya di Manhattan. Namun sebenarnya markas besar PBB ini tidak terletak tepat di Manhattan, melainkan di sebelah timur di lingkungan Turtle Bay. Markas besar PBB terletak di tanah luas yang menghadap ke East River yang indah.

2. Markas Besar PBB Tidak Dikelola AS

Walaupun berlokasi di New York, markas besar PBB tidak dikelola oleh pemerintah Amerika Serikat. Gedung ini berada di bawah kendali dan wewenang PBB sesuai yang diatur dalam perjanjian.

3. Ada 194 Bendera Berkibar di Luar Markas Besar PBB

Ada satu bendera untuk setiap negara anggota PBB, selain bendera PBB. Petugas keamanan PBB secara manual mengibarkan bendera sekitar pukul delapan pagi setiap hari kerja dan menurunkannya sekitar pukul 4 sore.

Menurut perpustakaan PBB, bendera diatur dalam urutan abjad dalam bahasa Inggris dari utara ke selatan. Pada akhir pekan, bendera PBB adalah satu-satunya yang dikibarkan kecuali ada pertemuan yang berlangsung di dalam.

4. Warga Negara Tanpa Paspor yang Sah Dilarang Masuk Markas Besar PBB

Beberapa warga negara harus membawa identitas internasional seperti SIM internasional atau kartu pelajar internasional untuk mengajukan izin. Misalnya, Taiwan bukan negara anggota PBB dan oleh karena itu, paspor yang dikeluarkan oleh pemerintah R.O.C tidak diakui di pintu masuk PBB.

Sebagai gantinya, warga Taiwan harus memberikan ID internasional mereka atau 'Izin Perjalanan Daratan untuk warga Taiwan' yang dikeluarkan oleh pemerintah Tiongkok untuk memasuki gedung.

5. Ada Patung Perdamaian di Markas Besar PBB

Patung perdamaian tersebut bernama Knotted Gun dan dipahat oleh seniman Swedia bernama Carl Fredrik Reuterswärd. Patung tersebut dipasang setelah musisi dan aktivis perdamaian John Lennon terbunuh.

Sejak 1993, patung tersebut telah menjadi simbol ikonik dari kampanye anti kekerasan.

6. Ada Memorial Tentang Isu Rasialisme

The Ark of Return adalah peringatan terbaru di Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang mengakui bahwa telah lebih dari 18 juta orang dipindahkan secara paksa dari Afrika ke Amerika, Karibia, dan Eropa selama berabad-abad.

Di antara semua yang selamat, ada sejumlah besar dari mereka yang menderita perlakuan tidak manusiawi. Oleh karena itu, pengunjung sangat dianjurkan untuk berjalan melalui memorial dan berpikir tentang pentingnya memperjuangkan kemanusiaan, keadilan dan rasisme.

7. Banyak Pameran Besar di PBB

Markas PBB memiliki banyak kegiatan pameran yang beragam setiap tahunnya. Hal ini dilakukan agar pengunjung lebih dekat dengan urusan internasional dan masalah sosial.

Pameran tersebut memiliki tema seperti demokrasi, pendidikan, lingkungan, hak asasi manusia, pengungsi, pembangunan berkelanjutan, sejarah PBB dan perempuan.

Jadi markas besar PBB terletak di kota Manhattan, New York ya detikers! Apakah kalian tertarik berkunjung ke sana?

Simak Video "Pria Bersenjata di Luar Gedung PBB New York"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia