3 Tes IQ Paling Singkat dan Menjebak di Dunia, Mau Coba?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 01 Okt 2021 18:40 WIB
Close-up portrait of attractive minded brainy genius girl writing essay creating solution isolated over bright yellow color background.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez
Jakarta - Seorang Psikologi asal Princeton, Shane Frederick pernah mengemukakan tes IQ paling singkat di dunia bernama Cognitive Reflection Test (CRT). Kuis ini hanya memiliki 3 pertanyaan. Apa saja?


Meski hanya singkat dan terdiri dari 3 pertanyaan namun dalam sebuah studi tahun 2005, banyak peserta kuis mahasiswa dari kampus bergengsi Harvard dan Yale gagal menjawabnya.


Kebanyakan peserta gagal menjawab dan terjebak dengan pertanyaan CRT ini. Dari semua peserta, hanya 17% yang mendapat nilai sempurna.


Lantas apa saja pertanyaan tes IQ tersebut? Simak pertanyaannya dan kemudian jawablah.


Pertanyaan tes IQ


1. Sebuah pemukul dan sebuah bola harganya 1,10 dollar secara total. Harga pemukulnya 1 dollar lebih mahal daripada bola. Berapa harga bolanya?


2. Jika dibutuhkan 5 mesin dan 5 menit untuk membuat 5 handphone, berapa lama waktu yang dibutuhkan 100 mesin untuk membuat 100 handphone?


3. Di sebuah danau, ada sepetak bunga lili. Dalam satu hari, petak tersebut jumlahnya menjadi dua kali lipat. Jika diperlukan 48 hari agar petaknya menutupi seluruh danau, berapa lama hari yang dibutuhkan petak bunga lili menutupi setengah danau?


Apabila detikers sudah menjawab pastikan jangan kaget dengan jawaban sebenarnya ya. Coba simak penjelasan di bawah ini dan buktikan apakah jawaban kamu tepat atau belum.


Jawaban tes IQ


1. Kebanyakan pasti akan menjadi 0,10 dollar kan? Jika diteliti lagi harga bola yang tepat sebenarnya adalah 0,05 dollar.


Cara membuktikannya: harga bola 0,05 dollar dan harga pemukulnya 1 dollar lebih mahal. Berarti harga pemukulnya adalah 1,05 sehingga total harga kedunya 0,05 + 1,05 dollar yakni 1,10 dollar.


2. Banyak juga yang terkecoh dengan kesamaan angka dalam pertanyaan dengan menjawab 100 menit. Padahal jawaban yang tepat adalah 5 menit. Kok bisa?


Jika lebih teliti, 5 mesin untuk membuat 5 handphone membutuhkan waktu 5 menit hal ini juga berarti setiap mesinnya (1 mesin) bisa membuat 5 handphone dalam waktu 5 menit. Begitupun dengan 100 mesin dan 100 handphone maka akan sama yakni membutuhkan waktu 5 menit.


3. Jawaban kebanyakan adalah 24 hari. Hal itu karena banyak yang terkecoh dengan waktu 48 hari dan petaknya yang lebih besar 2 kali lipat dalam sehari. Padahal jawaban yang tepat adalah 47 hari.


Kuncinya ada di "petak dua kali lipat dalam satu hari" dan "menutupi setengah danau". Karena petaknya menjadi dua kali lipat dalam satu hari (bukan setiap hari), danau tersebut bisa terpenuhi bunga lili sepenuhnya pada hari ke 48.


Untuk mencari hari di mana setengah danau tertutupi bunga lili maka hanya dikurangi satu hari. Berarti 48-1 yakni 47 hari. Hal ini karena dalam satu hari petak bunga lili menjadi dua kali lipat dan menutupi seluruh danau.


Bagaimana detikers? Apakah kamu menjawab tes IQ dengan tepat?

Simak Video "Melihat Progres Pembangunan Tugu Sepeda di Sudirman Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia