Mirip Citilink Mendarat Darurat, Ini 4 Peristiwa Emergency Landing Dunia

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 13:35 WIB
Pesawat U.S. Airways A320 mendarat darurat di Sungai Hudson, 2009.
Pesawat U.S. Airways A320 mendarat darurat di Sungai Hudson, 2009. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta - Citilink mendarat darurat di bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatra Selatan, Senin (27/9/2021). Pesawat Citilink QG 944 tersebut semula terbang dari Jakarta dengan tujuan Batam.

VP Corporate Secretary & CS PT Citilink Indonesia Diah Suryani mengatakan, Citilink mendarat darurat setelah seorang bocah melepas tutup pelindung tuas pintu darurat.

"Kejadian disebabkan oleh penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan tersebut melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orang tuanya," kata Diah seperti dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (28/9/2021).

Diah menjelaskan, awak kabin lalu melakukan tindakan sesuai prosedur. Pilot kemudian memutuskan mengalihkan penerbangan ke bandara terdekat. Setibanya di bandara, pengecekan teknis terkait kondisi pesawat akibat mendapati pesawat dalam kondisi aman.

"Operasional penerbangan Citilink tetap berjalan dengan normal dan seluruh penumpang yang berada dalam penerbangan tersebut berada dalam kondisi baik," kata Diah.

Peristiwa emergency landing seperti Citilink mendarat darurat terjadi beberapa dekade belakangan di seluruh dunia. Sejumlah upaya pilot dan awak pesawat di berbagai negara berhasil menyelamatkan ratusan nyawa penumpang, seperti dilansir dari Forbes. Berikut peristiwa emergency landing seperti Citilink mendarat darurat.

Peristiwa Dunia seperti Citilink Mendarat Darurat

1. Pesawat U.S. Airways Mendarat Darurat di Sungai

Pada 15 Januari 2009,

Pesawat U.S. Airways A320 mendarat darurat di Sungai Hudson, 2009.Pesawat U.S. Airways A320 mendarat darurat di Sungai Hudson, 2009. Foto: Wikimedia Commons

lepas landas dari LaGuardia. Pesawat yang sedang terbang lalu berhadapan dengan kawanan besar angsa Kanada sehingga kehilangan tenaga mesin.

Pilot Captain Chesley Sullenberger dengan cepat melakukan ditching dengan mendaratkan pesawat di Sungai Hudson di dekat Manhattan. Aksi cekatan Captain Sullenberger menyelamatkan 155 jiwa di dalam pesawat.

2. Pesawat DHL A300 Mendarat Darurat setelah Serangan Misil

Pesawat DHL A300 mendarat darurat setelah serangan misilPesawat DHL A300 mendarat darurat setelah serangan misil. Foto: Wikimedia Commons

Pesawat DHL A300 tengah lepas landas dari bandara Baghdad ketika terkena serangan misil pada ketinggian 8.000 kaki. Serangan dari darat ke udara itu membuat pesawat DHL kehilangan ketiga sistem hidrolik dalam satu menit. Kondisi ini menyebabkan bagian flaps, spoilers, aileron dan kemudi tidak berfungsi.

Dengan kondisi sayap kiri terbakar, pilot dengan cepat menggunakan 'thrust vector' untuk melakukan manuver pesawat dengan tenaga mesin alternatif. Setelah satu upaya gagal, awak bisa mendarat darurat. Tetapi, landasan pacu di Baghdad rupanya sudah dikelilingi ladang ranjau. Pesawat tersebut hanya memiliki sisa delapan menit untuk terbang sampai sayap habis terbakar.

3. Air Canada Flight 143 Mendarat Darurat Setelah Kehabisan Bahan Bakar

Pesawat Air Canada mendarat darurat karena kesalahan sistem indikator bahan bakar dan kesalahan ukuran metrik pengisian bahan bakar.Pesawat Air Canada mendarat darurat karena kesalahan sistem indikator bahan bakar dan kesalahan ukuran metrik pengisian bahan bakar. Foto: Wikimedia Commons

Sebuah pesawat Air Canada 767-200 terbang dari Montreal ke Edmonton pada 23 Juli 1983. Di tengah penerbangan, sebuah peringatan muncul mengabarkan pesawat kehabisan bahan bakar. Rupanya, terjadi kekeliruan penggunaan satuan metrik saat pengisian bahan bakar dan kesalahan sistem indikator kuantitas bahan bakar, sehingga bahan bakar yang tersedia tidak cukup.

Untungnya, pilot Captain Robert PearĀ­son yang tengah bertugas adalah seorang pilot pesawat layar. Captain Pearson segera menempatkan pesawat ke mode luncuran optimal agar tetap dapat sampai ke Winnipeg . First Officer Maurice Quintal yang sedang bertugas rupanya sempat ditempatkan di Gimli Air Force, sehingga tahu landasan di Gimli lebih dekat dan bisa jadi tempat mendarat.

Pesawat Air Canada 767-200 tersebut lalu mendarat hanya dengan ram-air turbine power (RAT) untuk mengendalikan kecepatan saat mendarat. Peristiwa ini menjadi salah satu pendaratan darurat dengan kondisi kolapsnya roda pendarat depan membuat pesawat berhenti dan mencegah jatuhnya korban.

4. LOT Polish Airlines 767 Mendarat Tanpa Roda Pendarat

Pesawat LOT Polish Airlines 767 mendarat darurat tanpa roda pendaratPesawat LOT Polish Airlines 767 mendarat darurat tanpa roda pendarat Foto: Wikimedia Commons

Pada 1 November 2011, pesawat LOT Polish Airlines 767 mendarat darurat tanpa roda pendarat saat penerbangan dari Newark, AS ke Warsawa, Polandia. Kebocoran hidrolik membuat roda pendarat utama tidak dapat digunakan. Meskipun menerima peringatan 30 menit setelah penerbangan, kru pesawat melanjutkan penerbangan seperti biasa untuk membakar beban bahan bakar yang berat.


Upaya untuk menurunkan roda pendarat dengan cara alternatif gagal dan pesawat berputar selama satu jam untuk membakar bahan bakar berlebih. Para kru berhasil melakukan pendaratan beroda yang menyelamatkan nyawa 231 orang di dalamnya.

Nah, itu dia peristiwa emergency landing seperti Citilink mendarat darurat. Tetap berhati-hati dan patuhi peraturan bertransportasi menggunakan pesawat ya, detikers.

Simak Video "Inisiatif Citilink Dorong Geliat Sport Tourism"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia