Cara Membaca Kode Huruf dan Angka pada Ban Mobil, Siswa Sudah Tahu?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 29 Sep 2021 11:49 WIB
Dot code and date of production of the tire on the sidewall of the wheel close-up, tire shelf .
Foto: iStockphoto/Vladimir Razguliaev
Jakarta - Apabila diperhatikan lebih rinci, setiap ban kendaraan ternyata memiliki kode huruf dan angka, termasuk pada ban mobil. Lantas mengapa ada kode huruf dan angka tersebut?


Selain kode huruf dan angka, perlu dipahami juga keterangan pembuatannya seperti tahun dan lain-lain karena ban memiliki masa penggunaan dan harus diganti pada waktu yang tepat.


Kode huruf dan angka tersebut diperlukan untuk memberi informasi terkait ukuran, penggunaan, hingga kapasitas ban tersebut.


Dikutip dari laman Daihatsu, berikut makna dari berbagai macam arti kode pada ban mobil.

Arti kode huruf dan angka pada ban mobil


Misal terdapat ban mobil dengan kode P 185/70/R14 88 S yang memiliki arti dan makna susunannya masing-masing.


Kode huruf depan menunjukkan penggunaan


Huruf P memiliki arti Passenger (P) yang berarti ban tersebut ditujukan penggunaannya untuk kendaraan tertentu. Logo P sendiri yang berarti passenger memiliki arti jika ban mobil tersebut dipakai khusus untuk mobil penumpang.


Selain huruf P, kode lain yang biasa ditemui adalah ST yang berarti Special Trailer, T atau Temporary, dan LT alias Light Truck. Logo T (Temporary) mengindikasikan sebagai ban cadangan.


Tiga angka menunjukkan lebar atau ketebalan


Kode angka 185 yang tertera setelah huruf P menunjukkan lebar atau ketebalan dari tapak ban dalam satuan milimeter. Berarti tertera angka 185, berarti lebar dari tapak ban adalah 185 mm.


Dua angka menunjukkan profil atau rasio


Lalu pada angka 70 setelah garis miring menunjukkan profil dari ban mobil tersebut secara menyeluruh. Angka profil pada ban ini sejatinya tidak menentu pada ketebalan ban mobil.


Biasanya ada ban dengan angka profil besar keseluruhan 70 untuk ketebalan sebesar 165 mm. Juga sebaliknya, ada juga besar keseluruhan ban 70 dengan ketebalan 195 mm.


Kode huruf dan angka menunjukkan kode ukuran velg

Kode R14 pada P 185/70/R14 88 S menunjukkan ukuran velg yang tepat. Artinya ban dengan bertuliskan R14 hanya bisa dipasang untuk velg mobil berukuran 14.


Kode dua angka menunjukkan tumpuan berat maksimal


Kode selanjutnya bertuliskan angka 88, ini menunjukkan indeks beban berat maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut.


Perlu diketahui, angka ini berlaku untuk satu jenis ban saja. Kode 88 sendiri mengacu pada beban berat sebesar 450 hingga 580 kg yang dapat ditumpu.


Kode huruf terakhir menunjukkan batas kecepatan


Kode terakhir yang menunjukkan huruf S memiliki arti batas kecepatan yang dapat ditempuh oleh ban tersebut. Hal ini menunjukan jika tidak semua ban memiliki batas kecepatan yang sama. Huruf S sendiri menunjukkan bahwa batas maksimum kecepatannya adalah 180 km/jam.


Bagaimana detikers? Sudah tahu kan alasan mengapa ada kode huruf dan angka pada ban mobil?

Simak Video "Siap-siap! 2024, Michelin Mulai Jual Ban Tanpa Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia