Sosok Kartunis Dragon Ball, Akira Toriyama yang Tidak Pernah Kuliah

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 27 Sep 2021 10:41 WIB
Dragon Ball Z: Kakarot
Foto: (Polygon)/Sosok Kartunis Dragon Ball, Akira Toriyama yang Tidak Pernah Kuliah.
Jakarta - Dragon Ball mungkin bukan manga asing bagi masyarakat Indonesia, terlebih bagi hobiis produksi kartun buatan Jepang. Seiring karya yang menarik perhatian, sosok pembuatnya juga bikin penasaran.

Dikutip dari biographyhost, Dragon Ball ditulis kartunis senior Akira Toriyama. Dia memilih langsung berkarir berbekal bakat dan keahliannya dalam menggambar.

Lulus Technical High School dengan peminatan jurusan desain demi mempertajam kemampuan menggambarnya, Toriyama memutuskan tidak kuliah. Dia memilih langsung berkarir meski bertentangan dengan orang tua.

Toriyama pertama kali bekerja desainer grafis in-house di perusahaan periklanan kecil di Nagoya. Saat itu, usianya baru 20 tahun. Namun, dia mundur dua setengah tahun kemudian karena merasa bosan.

Selanjutnya, dia ikut kontes yang disponsori Shonen Jump pada 1977. Toriyama berkompetisi sebagai seniman amatir. Shonen Jump adalah majalah mingguan dan penerbit manga besar Shueisha.

Cerita yang dibuat Toriyama memikat para editor dan membuatnya menjadi komikus majalah tersebut. Toriyama debut pada 1978 dengan manga berjudul Wonder Island, yang tidak menarik perhatian umum.

Toriyama baru menarik perhatian saat manganya yang berjudul Dr Slump populer pada 1980. Manga tersebut bercerita tentang ilmuwan jenaka bernama Dr. Senbei Norimaki dan robotnya yang bernama Arale.

Manga Akira sebelum Dragon Ball ini diadaptasi menjadi anime. Dr Slump disiarkan Fuji TV dari 1981 sampai 1986.

Lahir pada 5 April 1955, Toriyama sudah tertarik pada dunia menggambar sejak kecil. Menurutnya saat itu manga merupakan satu-satunya hiburan yang memukau anak-anak di zaman tersebut.

"Saya selalu suka menggambar. Ketika saya masih kecil, kami tidak memiliki banyak bentuk hiburan seperti yang kami lakukan hari ini, jadi kami semua menggambar. Di sekolah dasar, kami semua menggambar manga atau karakter animasi dan menunjukkannya satu sama lain," kata Toriyama.

Toriyama yang bercita-cita menjadi seniman sempat kehilangan minat menggambar saat lulus pendidikan dasar. Namun kembali lagi saat duduk di bangku pendidikan setara SMA dan terus berlanjut hingga melahirkan Dragon Ball.

Simak Video "Semangat Kapten Tsubasa dan Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia