Struktur Teks Deskripsi Lengkap dengan Contoh-contohnya

Kristina - detikEdu
Sabtu, 25 Sep 2021 16:00 WIB
Perpustakaan Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, mendapat bantuan ratusan buku pelajaran. Perpustakaan ini banyak dikunjungi oleh anak-anak pemulung.
Foto: Agung Pambudhy/Struktur Teks Deskripsi Lengkap dengan Contoh-contohnya
Jakarta - Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan tentang objek, tempat, atau peristiwa yang dapat dilihat, didengar, atau dirasakan oleh pembaca. Secara umum, struktur teks deskripsi terdiri dari dua bagian.

Teks deskripsi atau teks tanggapan deskripsi ditulis dengan merinci bagian-bagian objek yang dijelaskan. Teks ini menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan secara terperinci.

Dikutip dari buku 'Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs' yang disusun oleh Titik Harsiati dkk, objek teks deskripsi bersifat khusus. Objek tersebut dideskripsikan menurut pendapat personal dari penulis. Hal tersebut dicirikan dengan penggunaan kata dengan emosi kuat, seperti 'ibuku yang tangguh'.

Secara kaidah kebahasaan, teks deskripsi ditulis menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat. Contohnya saat ingin mengungkapkan kata 'indah' ditulis dengan kata elok, permai, molek, mengagumkan, memukau, menakjubkan, dan semacamnya.

Struktur Teks Deskripsi

Dikutip dari buku 'Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan' karya Taufiqur Rahman berikut struktur teks deskripsi:

  • 1. Identifikasi

Bagian identifikasi merupakan penetapan identitas baik orang, benda, atau objek lainnya yang ada di dalam teks.

  • 2. Klasifikasi

Bagian klasifikasi merupakan penyusunan golongan atau pengelompokan menurut kaidah yang telah ditetapkan.

  • 3. Deskripsi bagian

Poin ini menjadi bagian terpenting karena deskripsi bagian merupakan paragraf yang berisi tentang manfaat dari objek yang sedang diamati dan akan ditulis dalam teks.

Struktur teks deskripsi juga dapat dibagi menjadi dua bagian saja, yakni deskripsi umum dan deskripsi bagian. Melansir laman sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id, deskripsi umum merupakan pernyataan umum benda yang dideskripsikan. Sedangkan, deskripsi bagian merupakan bagian-bagian benda yang dideskripsikan.

Contoh Teks Deskripsi Berdasarkan Strukturnya

Untuk memahami lebih jelas mengenai struktur teks deskripsi, berikut contoh teks deskripsi berdasarkan strukturnya:

Tari Pakarena

Deskripsi Umum:

Tari Pakarena diiringi oleh kelompok musik yang dikenal dengan nama gondrong rinci.

Deskripsi Bagian:

Kelompok tari Pakarena beranggotakan tujuh orang pemain musik yang semuanya adalah kaum pria. Tugas dari kelompok musik ini adalah mengiringi para penari dengan tabuhan gandrang sebagai pengatur irama musik dan juga memainkan alat musik tiup berupa seruling. Selain itu kelompok pengiring ini juga harus memainkan alat musik sambil melakukan gerakan, terutama gerakan kepala. Setiap hentakan dari tabuhan gandrang dari pengiring musik melambangkan watak lelaki Gowa yang keras. Keunikan lain yang dimiliki tarian ini adalah aturan bagi para penari dalam menarikan tarian ini. Para penari tidak diperkenankan membuka mata terlalu lebar dan mengangkat kaki terlalu tinggi.

Selamat belajar struktur teks deskripsi, detikers!

Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia