Siapa Orang Belanda yang Pertama Kali Mendarat di Banten Tahun 1596?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 24 Sep 2021 18:00 WIB
Lukisan dinding La réception de Cornelis de Houtman Java en 1595 karya Paulides di paviliun Belanda pada Pameran Dunia Kolonial di Paris.
Lukisan dinding 'La réception de Cornelis de Houtman Java en 1595 karya Paulides (1892-1967) di paviliun Belanda pada Pameran Dunia Kolonial di Paris. Foto: Foto: Wikimedia Commons/Koleksi Tropenmuseum
Jakarta - Orang Belanda mendarat pertama kali di Banten pada tahun 1596. Kedatangan orang Belanda ke nusantara merupakan bagian upaya bangsa Eropa berlomba-lomba mencari daerah penghasil rempah-rempah setelah jatuhnya Konstantinopel ke bangsa Turki Utsmani. Apakah detikers tahu, siapa orang Belanda yang pertama kali berhasil mendarat di Banten tahun 1596?

Orang Belanda yang pertama kali berhasil mendarat di Banten tahun 1596 adalah Cornelis de Houtman. Dia mendarat bersama pelaut ekspedisi Belanda, seperti dikutip dari buku Sejarah SMP Kelas VIII oleh Drs. Anwar Kurnia dan Drs. H. Moh. Suryana.

Kedatangan rombongan pertama Belanda di Banten ini tidak membuahkan hasil karena sikap kasar, sombong, dan niat menerapkan sistem monopoli membuat penduduk pesisir Banten mengusir mereka.

Di samping itu, penduduk Banten saat itu tengah melawan Portugis. Situasi ini menjadi peluang bagi orang Belanda untuk membina hubungan dan kerja sama di bidang perdagangan.Orang Belanda kedua yang kemudian mendarat di Banten adalah Jacob van Neck dan rombongan pada tahun 1598. Rombongan ekspedisi kedua Belanda tersebut kemudian berlaku sopan dan hormat pada penduduk setempat, sehingga diterima dengan baik.

Rombongan ekspedisi kedua tersebut menghasilkan muatan kapal penuh rempah-rempah saat kembali ke Belanda. Keberhasilan ekspedisi Belanda kedua tersebut mendorong pedagang Belanda datang ke Indonesia.

Sejak saat itu, pedagang belanda berbondong-bondong melakukan pelayaran ke wilayah-wilayah di nusantara. Saat itu, belum ada ikatan yang mempersatukan dan memperkuat kedudukan pedagang Belanda di nusantara.

Johan van Oldenbarneveldt lalu mengusulkan agar penduduk Belanda membuat kongsi dagang seperti yang dilakukan Inggris dan Prancis. Pada 20 Maret, Belanda mendirikan kongsi dagang yang bernama Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) atau Persekutuan Perusahaan Hindia Timur.

Tujuan didirikannya VOC adalah:
- Menghilangkan persaingan yang akan merugikan para pedagang Belanda
- Menyatukan tenaga untuk menghadapi saingan dari bangsa Portugis dan pedagang-pedagang lainnya di Indonesia.
- Mencari keuntungan yang sebesar-besarnya untuk membiayai perang melawan Spanyol.

Keberadaan VOC di nusantara tersebut menjadi cikal-bakal penjajahan Belanda di nusantara.

Nah, jadi orang Belanda yang pertama kali berhasil mendarat di Banten tahun 1596 adalah Cornelis de Houtman bersama pelaut ekspedisi Belanda ya detikers. Selamat belajar!

Simak Video "Penjelasan Satgas Covid-19 Terkait Beda Variant of Concern dan Interest"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia