5 Surat Al Quran untuk Tenangkan Pikiran Siswa Saat Hadapi Ujian

Kristina - detikEdu
Rabu, 22 Sep 2021 18:30 WIB
Ilustrasi membaca al quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/.shock
Jakarta -

Al Quran merupakan mukjizat terbesar yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab suci ini terdiri dari 114 surat yang berisikan berbagai hukum Islam dan disebut dapat menenangkan pikiran ketika atau setelah ujian.

Ada banyak nama lain yang dimiliki Al Quran. Salah satunya adalah Asy-Syifa yang berarti obat. Nama lain ini disebutkan dalam surat Yunus ayat 57 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ

Latin: yā ayyuhan-nāsu qad jā`atkum mau'iẓatum mir rabbikum wa syifā`ul limā fiṣ-ṣudụri wa hudaw wa raḥmatul lil-mu`minīn

Artinya: "Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman." (QS. Yunus: 57)

Surat Penenang Pikiran saat atau setelah Ujian

Membaca Al Quran dapat memberikan ketenangan jiwa. Berikut surat yang dapat tenangkan pikiran setelah ujian sekaligus penenang hati yang bisa dibaca oleh siswa:

1. Al Fatihah

Surat Al Fatihah merupakan surat pembuka Al Quran yakni menempati urutan pertama dalam mushaf Al Quran. Al Fatihah memiliki berbagai keutamaan. Salah satunya sebagai Asy Syifa (obat) dan kunci pembuka segalanya.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits. Dari Abdul Malik bin Umair yang berkata, Rasul SAW bersabda:"Surat al Fatihah adalah obat dari segala penyakit." (HR. Ad Darimi & Baihaqi)

2. Al Ikhlas

Al Ikhlas termasuk salah satu surat yang dapat menyembuhkan segala penyakit. Bahkan, dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW pernah bersabda, orang yang membaca surat Al Ikhlas akan dicukupkan baginya segala sesuatu. Surat Al Ikhlas bersama Al Falaq dan An Nas dapat dibaca sebagai dzikir pagi dan petang.

"Bacalah surat al-Ikhlash dan al-Mu'awwidzatain (Surat al-Falaq dan an-Nas) saat petang dan pagi tiga kali, niscaya ia mencukupimu dari segala sesuatu." (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi, beliau berkata, "Hadits Hasan Shahih")

3. Al Falaq

Al Falaq merupakan salah satu surat terbaik dalam Al Quran. Dijelaskan dalam Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 4, surah Al Falaq dan surat an-Nas termasuk surat terbaik yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim berikut:

Dari 'Uqbah bin 'Amir bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah kamu memperhatikan ayat-ayat yang baru diturunkan tadi malam yang tidak ada sesuatupun yang semisal dengannya? Qul A'uudzu bi Rabbil Falaq dan Qul A'uudzu bi Rabbin Naas." (HR. Muslim)

4. An Nas

Surat Al Quran yang dapat memberikan ketenangan selanjutnya adalah surat An Nas. Bersama dengan Al Falaq, kedua surat tersebut dijuluki dengan Mu'awwadzatain, yakni surat perlindungan, seperti dijelaskan Achmad Chodjim dalam bukunya yang berjudul Al Falaq.

Dalam Tafsir Al Misbah jilid 15 karya Prof Quraish Shihab, al-Mu'awwidzatain diambil dari kata A'udzu dalam kedua surat tersebut yang artinya, 'aku berlindung'. Surat ini menuntun pembacanya kepada tempat perlindungan

5. Al Insyirah

Surat yang dapat menenangkan hati dan pikiran selanjutnya adalah Al Insyirah. Surat ini juga dapat menguatkan seseorang dalam menghadapi kesulitan atau ujian dalam hidup. Sebagaimana disebutkan dalam ayat 6 yang berbunyi:

اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ - ٦

Artinya: "Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al Insyirah: 6)

Itulah 5 surat Al Quran yang dapat menenangkan hati dan pikiran setelah ujian.



Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia