Bacaan Doa agar Bisa Mengerjakan Ujian dengan Benar dan Lancar

Kristina - detikEdu
Selasa, 08 Jun 2021 15:10 WIB
doa
Foto: istock
Jakarta -

Kesuksesan dalam menghadapi ujian dapat dicapai dengan belajar sungguh-sungguh dan diimbangi dengan doa. Bagaimana doa agar bisa mengerjakan ujian dengan benar dan lancar?

Syaikh Bakar Abdul Hafizh Al-Khulaifat dalam Tafsir dan Makna Doa-doa dalam Al Quran mengatakan, makna doa adalah meminta pertolongan dan memohon. Dari segi istilah doa bermakna ibadah. Sebagaimana dikatakan oleh Al Qadhi Iyadh bahwa doa bermakna ibadah karena menunjukkan kepasrahan diri kepada allah SWT dan berpaling dari selain-Nya.

Doa juga dikatakan sebagai perkataan yang dipanjatkan untuk menunjukkan rasa memohon dengan ketundukan hati. Adapun hakikat dari doa adalah suatu permohonan pertolongan dari seorang hamba kepada Allah SWT.

"Hakikat dari doa adalah permohonan pertolongan seorang hamba kepada Allah dan menunjukkan kebutuhannya kepada-Nya. Doa juga mengandung makna pujian kepada Allah SWT dan memuliakan-Nya," tulis Syaikh Bakar Abdul Hafizh Al-Khulaifat dalam bukunya seperti dikutip, Selasa (8/6/2021).

Perintah untuk berdoa

Allah SWT telah memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa kepada-Nya. Perintah untuk berdoa ini termaktub dalam beberapa ayat Al Quran. Di antaranya sebagai berikut:

1. QS. Al Baqarah ayat 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah: 186).

2. QS. Al-A'raf ayat 55-56

ٱدْعُوا۟ رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُعْتَدِينَ (55) وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ (56) مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: "Berdoalah kepada Rab-mu dengan sikap rendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi setelah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut akan tidak diterima dan penuh harapan untuk dikabulkan. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al-A'raaf: 55-56).

Doa agar bisa mengerjakan ujian

Ada beberapa doa yang bisa dibaca sebelum mengerjakan soal ujian. Berikut doa-doa agar bisa mengerjakan ujian dirangkum dari kitab Al-Adzkar oleh Imam Nawawi dan beberapa hadits riwayat lain.

1. رَبِّ ٱشْرَحْ لِى صَدْرِى وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Arab-latin: rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul 'uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: "Ya Rab-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha: 25-28).

Doa tersebut diucapkan Nabi Musa AS ketika berbicara kepada kaumnya yang terdapat dalam surat Thaha ayat 25-28.

2. اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Arab-latin: Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa

Artinya: "Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah."



Simak Video "Doa Mengubah Takdir"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia