Arti Siddiq, Sifat yang Wajib Dimiliki oleh Para Rasul

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 21 Sep 2021 06:05 WIB
Muslim
Foto: iStock/Arti Siddiq, Sifat yang Wajib Dimiliki oleh Para Rasul
Jakarta - Para rasul utusan Allah SWT memiliki sifat-sifat khusus yang menjadi keistimewaannya dalam menjalankan tugas. Salah satunya adalah siddiq yang artinya jujur atau benar.

Sifat wajib siddiq ini dapat diartikan bahwa Rasulullah SAW selalu berkata jujur. Baik dalam menyampaikan wahyu yang datangnya dari Allah SWT atau pun dalam perkatannya sehari-hari, seperti yang dilansir dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII dari Kementerian Agama (Kemenag).

Bukti bahwa sifat siddiq dimiliki oleh para Rasul utusan Allah SWT termaktub dalam surat Maryam ayat 50,

وَوَهَبْنَا لَهُمْ مِنْ رَحْمَتِنَا وَجَعَلْنَا لَهُمْ لِسَانَ صِدْقٍ عَلِيًّا

Artinya: "Dan Kami anugerahkan kepada mereka sebagian dari rahmat Kami dan Kami jadikan mereka buah tutur yang baik (siddiq) dan mulia."

Mengutip dari buku Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami karya Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri, Nabi Muhammad SAW sudah dikenal sebagai pribadi yang memiliki sifat siddiq bahkan sejak beliau belum diangkat menjadi rasul. Beliau pun mendapat julukan dari orang-orang Quraisy yakni Al Shadiqu Al Amin (yang benar dan amanah).

Sifat siddiq pada diri rasul menjadi suatu keharusan. Sebab, hal ini menjadi landasan pokok dalam menyampaikan firman Allah SWT. Orang yang pernah berdusta atau pun menyampaikan sesuatu di luar dari kebiasaannya, tidak akan mungkin mendapat kepercayaan dari khalayak ramai.

Terkait hal ini, bahkan dijelaskan dalam firman Allah QS Al Haqqah ayat 44-46 bahwa Allah akan menghukum rasul yang berdusta terkait dengan risalah Allah,

(44) وَلَوْ تَقَوَّلَ عَلَيْنَا بَعْضَ الْأَقَاوِيلِ
(45) لَأَخَذْنَا مِنْهُ بِالْيَمِينِ
(46) ثُمَّ لَقَطَعْنَا مِنْهُ الْوَتِينَ

Artinya: "Dan sekiranya dia (Muhammad) mengada-adakan sebagian perkataan atas (nama) Kami, pasti Kami pegang dia pada tangan kanannya. Kemudian Kami potong pembuluh jantungnya."

Selain sifat siddiq yang artinya jujur atau benar, sifat wajib rasul lainnya yang perlu diteladani bagi umat muslim adalah sebagai berikut:

- Amanah, artinya jujur, dapat dipercaya, dan tidak pernah ingkar janji

- Tabligh, artinya menyampaikan semua kebenaran (wahyu Allah) yang telah diterima kepada umatnya

- Fatanah, artinya cerdas, pandai, dan bijaksana

Nah, itu dia penjelasan dari siddiq yang artinya jujur atau benar. Setelah memahami sifat wajib rasul yang satu ini, semoga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari ya. Selamat belajar, detikers!

Simak Video "Jelang Libur Maulid Nabi, Arus Kendaraan di Tol Cipularang Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia