Arti dari Asmaul Husna dan Keutamaannya, Materi PAI yang Diajarkan di Kelas X

Arti dari Asmaul Husna dan Keutamaannya, Materi PAI yang Diajarkan di Kelas X

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Rabu, 15 Sep 2021 05:59 WIB
Anak-anak muslim Kashmir tetap belajar Alquran di tengah pandemi corona ini. Begini potret anak-anak kashmir belajar alquran di bulan Ramadhan.
Foto: AP Photo/Dar Yasin
Jakarta -

Kebesaran dan kekuasanNya telah tergambarkan dengan jelas melalui Asmaul Husna. Lantas, seperti apa penjelasan arti dari Asmaul Husna?

Pertanyaan terkait arti dari Asmaul Husna dapat dijawab dengan buku 99 Langkah Menuju Berkah yang ditulis oleh Febrina Arisha. Menurutnya, kata Asmaul Husna berasal dari bahasa Arab yang tersusun dari dua kata, yaitu asma dan husna.

Kata Asma merupakan bentuk jamak dari kata ism yang berakar dari kata assumu atau mengandung arti ketinggian. Sementara itu, kata husna adalah bentuk muannats dari kata ahsan yang artinya terbaik.

Jadi, arti dari Asmaul Husna adalah nama-nama terbaik yang disandarkan pada sifat-sifat Allah SWT. Namun, sifat-sifat itu berbeda dengan sifat manusia atau makhluk hidup lainnya. Sebab, tidak ada satupun yang serupa dengan Dia.

Allah telah menegaskan perkara tersebut dalam surat Al Ikhlas ayat 4,

وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Artinya: "Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."

Menurut ulama Quraish Shihab dalam buku Menyingkap Tabir Ilahi Asma al-Husna dalam Perspektif Al-Quran, nama-nama Asmaul Husna yang berbentuk superlatif atau bentuk kata yang menyatakan paling. Hal ini menunjukkan bahwa nama tersebut bukan saja berarti baik, tetapi mengusung makna terbaik di antara yang baik lainnya.

Penjelasan mengenai arti dari Asmaul Husna termaktub dalam beberapa surat Al Quran. Salah satunya pada surat Al Isra ayat 110,

قُلِ ٱدْعُوا۟ ٱللَّهَ أَوِ ٱدْعُوا۟ ٱلرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَّا تَدْعُوا۟ فَلَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَٱبْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا

Artinya: Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu," (QS Al Isra: 110)

Sebagai nama-nama Allah SWT yang baik dan agung, Asmaul Husna juga menyimpan beberapa keutamaan bagi yang membaca dan mengamalkan nama-nama indah tersebut.

Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Asmaul Husna

Dilansir dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti oleh Aris Abi Syaifullah, dkk, beberapa keutamaan membaca dan mengamalkan Asmaul Husna di antaranya:

  • 1. Doa dengan Asmaul Husna akan dikabulkan oleh Allah SWT

Berdoa dengan menyebut dan mengagungkan namaNya akan membawa keutamaan dalam doa yang tengah dipanjatkan. Allah juga memerintahkan untuk menyebut namaNya dalam QS Al A'raf ayat 180,

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: "Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

  • 2. Rasulullah menganjurkan mempelajarinya

Salah seorang sahabat pernah bertanya pada Rasulullah, ia berkata,

"Wahai Rasulullah, apakah kami boleh mempelajarinya?" Rasulullah bersabda, "Benar, dianjutkan bagi setiap orang yang mendengarnya (Asmaul Husna) mempelajarinya," (HR. Ahmad).

  • 3. Dijanjikan surga

Keutamaan lainnya diperuntukkan bagi siapapun yang menghafal 99 Asmaul Husna dan mengamalkan arti dari Asmaul Husna. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW,

"Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghafalnya ia akan masuk surga," (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikian penjelasan tentang arti dari Asmaul Husna sekaligus keutamaan yang dikandungnya. Selamat belajar ya!



Simak Video "Makna Ayat Suci Al-Qur'an yang Dilantunkan di Pembukaan Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia