Jenis-jenis Pasar: Pengertian Pasar Regional, Lokal, Internasional, dan Lainnya

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 14 Sep 2021 14:45 WIB
Pasar Burung Pramuka tetap bergeliat saat Jakarta berstatus PPKM level 3. Warga ramai mendatangi Pasar Burung Pramuka pada akhir pekan.
Foto: Andhika Prasetia/Detikcom
Jakarta - Apakah detikers pernah mendengar tentang pasar regional, internasional, dan sebagainya? Pasar adalah suatu tempat bertemunya penjual yang menawarkan barang dan pembeli yang membutuhkan barang.

Hal itu disebutkan dalam buku Sukses USBN Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs karangan Tim Ganesha Operation.

Pasar mempunyai empat fungsi utama, yaitu menetapkan nilai, mendistribusikan barang dan jasa, mengorganisasi produksi, dan menyediakan barang serta jasa untuk keperluan masa depan.

Jenis pasar juga dapat dibedakan menurut barang yang diperjualbelikan, luas jangkauan, wujudnya, struktur atau organisasinya, serta waktu bertemunya penjual dan pembeli.

Pasar Berdasarkan Luas Jangkauannya

1. Pasar lokal, artinya pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli di suatu daerah setempat saja. Misalnya adalah pasar tradisional di suatu daerah.

2. Pasar regional, adalah pasar yang transaksinya meliputi suatu daerah atau wilayah yang lebih luas. Contohnya adalah Pasar Klewer di Surakarta.

3. Pasar nasional, yaitu pasar yang barang-barang dagangannya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu negara. Misalnya Pasar Tanah Abang di Jakarta.

4. Pasar internasional, adalah pasar yang lingkup pemasarannya mencakup seluruh kawasan dunia. Contohnya pasar tembakau di Bremen, Jerman.

Pasar Berdasarkan Wujudnya

1. Pasar konkret, adalah pasar yang barang atau jasa yang diperjualbelikannya ada di pasar tersebut. Contohnya adalah pasar tradisional.

2. Pasar abstrak, yaitu pasar yang barang atau jasa yang diperjualbelikannya tidak ada di pasar tersebut dan hanya ada contohnya saja. Misalnya adalah bursa tenaga kerja dan bursa valuta asing.

Pasar Berdasarkan Strukturnya

Menurut Buku Master SMP/MTs: Ringkasan Materi & Kumpulan Rumus Lengkap karya Puspa Swara, jenis pasar berdasarkan organisasi atau hubungan antara penjual dan pembeli atau strukturnya terbagi menjadi dua.

1. Pasar persaingan sempurna, merupakan pasar yang di dalamnya ada banyak penjual dan pembeli sehingga harga tidak bisa ditentukan masing-masing penjual atau pembeli.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna

- Penjual ataupun pembeli bisa keluar-masuk pasar tanpa hambatan.

- Pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna.

- Penjual dan pembeli jumlahnya banyak.

- Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen.

2. Pasar persaingan tidak sempurna, adalah pasar yang jumlah pembelinya lebih banyak dibandingkan jumlah penjualnya sehingga pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjuak saja.

Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna

- Terdapat hambatan untuk memasuki pasar.

- Pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas.

- Jumlah penjual hanya sedikit.

- Barang yang diperjualbelikan ada bermacam-macam.

Pasar Berdasarkan Waktu Penyelenggaraannya

1. Pasar harian, yaitu pasar yang diselenggarakan tiap hari. Misalnya, pasar tradisional di lingkungan rumah yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari.

2. Pasar mingguan, artinya pasar yang dilakukan hanya seminggu sekali. Contohnya adalah Pasar Senin, Pasar Minggu, dan lainnya.

3. Pasar bulanan, merupakan pasar yang diselenggarakan sebulan sekali. Pasar bulanan biasanya ada di sekitar pabrik dan dibuka tiap karyawan pabrik tersebut memperoleh gaji.

4. Pasar tahunan, adalah pasar yang diselenggarakan setahun sekali. Misalnya, Pekan Raya Jakarta atau Pasar Sekaten di Yogyakarta dan Solo.

Pasar Berdasarkan Jenis Barang yang Diperjualbelikan

1. Pasar barang distribusi, yaitu pasar yang menjual faktor-faktor produksi. Contohnya pasar bursa tenaga kerja, pasar modal, pasar mesin produksi, dan sebagainya.

2. Pasar barang konsumsi, yakni pasar yang menjual barang-barang yang secara langsung bisa dikonsumsi atau dipakai. Misalnya pasar buah, pasar ikan, dan lainnya.

Jadi, kini detikers sudah paham pengertian pasar regional dan jenis-jenis pasar lainnya, kan? Semoga infonya bermanfaat.

Simak Video "Berburu Pakaian di Pasar Tradisional, Tabanan Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia