Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier serta 16 Contohnya

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 11 Sep 2021 09:30 WIB
Pemerintah menjamin stok pangan aman selama PPKM darurat yang akan mulai diterapkan Sabtu (3/7). Masyarakat diminta tidak perlu panic buying.
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Berdasarkan intensitas atau tingkat kepentingannya, kebutuhan manusia terbagi menjadi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Kebutuhan manusia juga sifatnya tidak terbatas. Begitu satu kebutuhan terpenuhi, akan muncul kebutuhan yang lain, demikian menurut buku Ekonomi SMA/MA Kelas X oleh Departemen Pendidikan Nasional karya Losina Purnastuti dan Indah Mustikawati.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama manusia yang tak dapat ditunda pemenuhannya agar kehidupannya berjalan dengan layak. Kebutuhan ini harus dipenuhi karena berkaitan dengan kelangsungan hidup manusia.

Contoh kebutuhan primer

1. Sandang

2. Pangan

3. Papan

Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak mendesak dan untuk memenuhinya dapat dilakukan setelah kebutuhan primer terpenuhi.

Contoh kebutuhan sekunder

1. Buku

2. Tempat tidur

3. Kendaraan pribadi

4. Meja

5. Kursi

6. Rak pakaian

7. Kulkas

8. Televisi

Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan terhadap barang mewah dan untuk memenuhinya dilakukan setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Contoh kebutuhan tersier

1. Perhiasan

2. Liburan ke luar negeri

3. Makan-makan di restoran mewah

4. Menyewa kapal pesiar

5. Pesawat pribadi

Sebagai catatan, menurut buku Membuka Cakrawala Ekonomi karya Imamul Arifin, pembagian kebutuhan menurut intensitas kegunaan ini juga sangat ditentukan oleh kondisi masyarakat di suatu daerah atau negara. Misalnya, bagi penduduk di daerah atau negara yang tertinggal, kebutuhan atas motor atau mobil bisa jadi adalah kebutuhan mewah.

Sebaliknya, mobil atau motor bisa jadi kebutuhan sekunder bagi penduduk di suatu daerah atau negara yang standar hidupnya tinggi.

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor, menurut buku IPS Terpadu: Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah karangan Nana Supriatna dkk., berikut ini faktornya.

1. Sifat manusia

2. Mata pencaharian

3. Peradaban

4. Perbedaan tempat tinggal

5. Pendapatan

6. Lingkungan masyarakat

Jadi, kebutuhan primer, sekunder, dan tersier adalah kebutuhan berdasar intensitas atau tingkat kepentingannya. Sederet kebutuhan tersebut memiliki contoh beragam dan dipengaruhi sederet faktor yang telah disebutkan di atas.

Detikers sudah paham, kan?



Simak Video "Keyakinan Jokowi RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar Ketujuh di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia