Mau Tahu Arti Warna Kuning pada lambang ASEAN? Ini Penjelasannya

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Selasa, 14 Sep 2021 11:00 WIB
Gedung Sekretariat ASEAN diresmikan Jokowi hari ini. Sebelum menjadi gedung Sekretariat ASEAN, bangunan itumerupakan kantor Wali Kota Jakarta Selatan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

ASEAN atau kepanjangan dari Association of South East Asia Nations merupakan sebuah organisasi yang menghimpun negara-negara yang ada di Asia Tenggara.

ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok. Organisasi ini dibentuk karena didorong adanya keinginan kuat dari para pendiri ASEAN, untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera.

Dilansir dari situs resmi asean.org Lambang ASEAN merupakan lambang yang mewakili ASEAN stabil, damai, bersatu dan dinamis dengan bersemboyankan satu visi, satu identitas, satu masyarakat.

Dalam lambangnya terdiri dari, bentuk dan warna, yang semuanya tentu memiliki makna masing-masing yang berbeda-beda. Adapun warna yang terdapat pada lambang ASEAN adalah biru, merah, putih dan kuning, yang mewakili warna utama lambang negara-negara anggota ASEAN.

Lalu, adakah dari kalian yang penasaran apa sebenarnya makna dari warna kuning yang ada pada lambang ASEAN tersebut? Berikut penjelasanya:

Arti Warna Kuning pada Lambang ASEAN

Jika dilihat secara cermat pada tengah lambang, akan terdapat sebuah garis-garis yang menggambarkan tangkai padi yang bermakna untuk melambangkan harapan para tokoh pendiri atau Founding Fathers ASEAN, agar asosiasi ini dapat terikat bersama dalam persahabatan dan solidaritas. Sedangkan warna kuning melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan yang terdapat pada bentuk ikatan rumpun padi.

Untuk warna merah melambangkan keberanian serta dinamika yang membentuk semangat perjuangan mencapai satu visi dan misi. Warna biru melambangkan arti perdamaian dan keamanan. Sementara warna putih melambangkan kesucian.

Dalam lambang ASEAN tangkai padi pada lambang berwarna kuning yang ada berjumlah sepuluh, yang melambangkan negara dari anggota-anggotanya.

Bersumber dari laman resmi Sekretariat Nasional ASEAN - Indonesia, berikut adalah kesepuluh negara-negara anggota ASEAN, berdasarkan tanggal jadi anggotanya, antara lain:

Indonesia (8 Agustus 1967)
Malaysia (8 Agustus 1967)
Singapura (8 Agustus 1967)
Filipina (8 Agustus 1967)
Thailand (8 Agustus 1967)
Brunei Darussalam (8 Januari 1984)
Vietnam (28 Juli 1995)
Laos (23 Juli 1997)
Myanmar (23 Juli 1997)
Kamboja (30 April 1999)

Itu tadi penjelasan mengenai arti warna kuning pada lambang ASEAN. Semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan kita tentang organisasi yang menghimpun negara-negara ada di Asia Tenggara ini ya detikers!



Simak Video "Survei Ungkap Alasan Orang Tua Kembali Percayakan Anaknya ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia