Ini Asosiasi yang Mengatur Permainan Rounders di Inggris dan Sejarahnya

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 13 Sep 2021 13:45 WIB
Young father sharing basics of baseball with his little boy, outdoors in the park
Foto: Getty Images/AleksandarNakic/Ini Asosiasi yang Mengatur Permainan Rounders di Inggris dan Sejarahnya
Jakarta - Terdapat asosiasi khusus yang mengatur permainan rounders di Inggris dan Irlandia. Rounders adalah permainan dengan menggunakan bola kecil dan dimainkan dalam regu, di mana tiap regu berisi 12 anggota, demikian menurut buku 'Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas 8' karya Paiman.

Pada dasarnya permainan rounders adalah permainan tradisional karena tidak ada organisasi resmi yang menaungi dan tidak ada kompetisi yang dilakukan secara berjenjang mulai tingkat daerah hingga nasional atau internasional.

Asosiasi yang Mengatur Permainan Rounders di Inggris dan Sejarahnya

Di Inggris permainan rounders diatur oleh asosiasi bernama National Rounders Association (NRA). Organisasi tersebut didirikan pada tahun 1943.

Permainan rounders sudah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor. Referensi awal tentangnya tercatat pada tahun 1744 dalam sebuah buku Pocket-Pretty Little.

Dalam buku tersebut, permainan rounders disebut 'baseball' oleh John Newbery. Pada 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi keduanya yang mencakup aturan rounders. Dan pada tahun berikutnya, buku tersebut diterbitkan di Boston, Massachusetts.

Permainan rounders adalah perpaduan antara kasti dan softball. Dari segi peralatannya, lebih mirip dengan kasti. Namun, dari segi peraturan lebih dekat dengan peraturan softball.

Asosiasi yang Mengatur Permainan Rounders di Irlandia

Aturan nasional mengenai permainan rounders pertama kali disusun dan diresmikan oleh Gaelic Athletic Association (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan rounders masih diatur oleh GAA di Irlandia.

Rounders, baseball, dan softball mempunyai akar sejarah yang sama dengan kasti dan mirip dengan versi GAA dari segi cara memainkannya. Rounders berkaitan dengan baseball Inggris dan masih dimainkan di Liverpool, Cardif, dan Newport. Banyak sumber memperkirakan permainan rounders lebih tua dari baseball dan softball.

Dalam buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan tulisan Asep Kurnia Nenggala, permainan rounders merupakan dasar dari permainan baseball dan softball. Rounders mulai populer di Indonesia pada 1950. Pada PON II tahun 1951, permainan ini sudah dipertandingkan.

Nah, kini detikers paham kan di Inggris permainan rounders diatur oleh asosiasi bernama National Rounders Association. Sedangkan, di Irlandia diatur oleh GAA.

Simak Video "Taliban Larang Wanita Ikut Kompetisi Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia