Permainan Rounders Berasal dari Negara Mana? Ini Sejarahnya Hingga Masuk ke Indonesia

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 05 Agu 2021 19:00 WIB
A silhouette of a father and his young child playing baseball outside, isolated against the sunsetting sky on a summer day.
Foto: Thinkstock/Permainan Rounders Berasal dari Negara Mana? Ini Sejarahnya Hingga Masuk ke Indonesia
Jakarta - Apakah detikers tahu, permainan rounders berasal dari negara mana? Di bangku sekolah dasar, permainan ini seringkali menjadi bagian dari mata pelajaran olahraga.

Mengutip dari buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan karya Asep Kurnia Nenggala, permainan rounders dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu asisten wasit serta seorang pencatat skor. Lapangan permainan ini mempunyai bentuk yang unik, yakni segilima.

Pemain rounders yang berperan sebagai pemukul, harus memukul bola dan berlari di sekeliling area permainan yang ditandai dengan tiang. Dengan begitu, si pemukul ini bisa menjadi "rounders".

Permainan rounders berasal dari negara apa?

Permainan rounders merupakan salah satu permainan bola kecil. Teknik permainannya sama dengan softball.

Walau begitu, perbedaan rounders dan softball ada di bahan alat pemukulnya. Alat pemukul dalam permainan rounders terbuat dari kayu, sedangkan softball dari besi.

Permainan rounders berasal dari negara Inggris. Permainan ini populer di Indonesia sejak tahun 1950.

Pada saat itu, rounders marak di Indonesia karena dikembangkan seorang berkebangsaan Belanda. Pada PON II tahun 1951, permainan rounders sudah dipertandingkan.

  • Bagaimana teknik dasar permainan rounders?

Seperti disebutkan sebelumnya, rounders dan softball mempunyai teknik bermain yang sama. Lantas, bagaimana teknik dasar memainkannya?

1. Memegang pemukul atau bat

Pemain pemukul harus memegang bet dengan rapat. Tangan kanan berada di atas, sedangkan tangan kiri di bawah.

Bagi pemain yang bukan kidal, posisi tangan kiri dan tangan kanan di bawah. Sehingga, buku jari-jari tangan kanan berada di antara pangkal buku jari-jari tangan kiri.

2. Lari ke setiap base atau base running

Setelah memukul bola, pemain akan menjatuhkan alat pemukul dan lari menuju ke base. Saat melanjutkan ke base berikutnya, pemukul akan lari dengan sedikit melebar ke luar, kira-kira dua meter ke kanan garis terlarang. Dan ini dilakukan lima meter sebelum base yang dituju.

3. Mematikan lawan atau membakar base

Base-base yang terbakar ini berlaku bagi seluruh pelari yang menuju base. Base akan tetap terbakar selama bola belum dipegang bowler. Pemain bowler ini juga siap untuk melambungkan bola pada rekannya yang ada di dekat base.

Jadi, kini detikers sudah paham, bukan? Permainan rounders berasal dari negara Inggris dan mulai populer di Indonesia tahun 1950.

Simak Video "Gasing, Permainan Tradisional yang Unik di Gorontalo"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia