Kuda laut dan Kadal Termasuk Hewan Ovovivipar, Apa Lagi Contohnya?

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 04 Agu 2021 13:01 WIB
Kuda laut
Foto: Getty Images/skynesher/Kuda laut dan Kadal Termasuk Hewan Ovovivipar, Apa Lagi Contohnya?
Jakarta - Kuda laut dan kadal termasuk hewan ovovivipar yang punya ciri khas dalam berkembang biak. Hewan ovovivipar memperbanyak diri dengan bertelur dan melahirkan, tidak seperti hewan lain yang menggunakan salah satunya.

Selain kuda laut dan kadal, contoh lain hewan ovovivipar adalah hiu, reptil, serta cucut pasir. Dikuti dari buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 6, pembuahan pada hewan ovovivipar terjadi di dalam tubuh hewan betina.

Setelah terjadi pembuahan akan terbentuk zigot. Zigot tumbuh menjadi embrio di dalam telur, seperti yang terjadi pada kadal dan kuda laut. Sebagai nutrisi, makanan zigot hanyalah cadangan makanan yang ada di dalam telur.

Jika zigot sudah berkembang menjadi embrio yang tumbuh sempurna di dalam telur, induk betina akan melahirkannya. Dikutip dari buku Asyik Mengerjakan PR Sains Kelas 6 karya De Alfarian, ada ciri lain pada hewan ovovivipar.

Ciri-ciri hewan ovovivipar:

1. Calon bayi hewan ovovivipar tumbuh dan berkembang di dalam tubuh induknya seperti hewan vivipar akan tetapi kebutuhan makanannya dipenuhi dari cadangan makanan dari telur.

2. Hewan ovovivipar juga bertelur seperti ovipar tetapi calon bayi langsung menetas ketika telur tersebut keluar dari tubuh induk.

3. Kadal dan kuda laut termasuk hewan ovovivipar https://www.detik.com/tag/ovovivipar. Selain itu juga ada hewan lainnya seperti ular dan ikan hiu.

Kadal dan kuda laut ternyata punya fakta menarik lain, berikut penjelasannya:

A. Kuda Laut

Kuda laut adalah hewan ovovivipar yang unik hal ini dikarenakan setelah melakukan pembuahan sel telur betina, betina akan memindahkan sel telur yang telah dibuahi ke dalam tubuh jantan.

Setelah itu jantan menyimpan telur-telur tersebut ke dalam kantongnya hingga menetas. Setelah telur-telur menetas, jantan akan mengeluarkan anak-anak kuda laut dari kantongnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan kuda laut terlihat seperti melahirkan anak.

B. Kadal

Kadal adalah hewan yang memiliki musim kawin yang ditentukan oleh siklus fotoperiode yaitu dari suhu, curah hujan , dan ketersediaan makanan. Kadal memiliki strategi reproduksi yang cukup bervariasi yaitu sebagai berikut:

1. Ovipar: kebanyak kadal bertelur.

2. Ovovivipar: yaitu telu yang disimpan di dalam betina sampai anak kadal lahir. Contohnya yaitu iguana, naga air, tokek, dan bunglon.

3. Vivipar: yaitu kadal dengan peredaran darah plasenta seperti kadal berlidah biru, kadal punggung sirap, kadal berekor prehensile, dan bunglon.

Gimana detikers penjelasan kadal dan kuda laut termasuk hewan ovovivipar?. Jangan sampai salah ya.

Simak Video "Sambut Idul Adha, Pasar di Irak Dibanjiri Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia