Indonesia Mulai Dijajah Jepang pada Tahun Berapa? Ini Sejarahnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 10 Sep 2021 16:15 WIB
Tanam paksa di jaman kolonial Belanda. (Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen via Wikimedia (CC-BY-SA-3.0)
Foto: Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen via Wikimedia (CC-BY-SA-3.0)
Jakarta -

Bangsa Indonesia telah melalui berbagai perjuangan melawan penjajah sebelum mencapai kemerdekaan, ketika oleh Jepang. Namun, Indonesia mulai dijajah Jepang pada tahun berapa?


Kedatangan Jepang di Indonesia diawali dengan keinginannya untuk mendirikan Persemakmuran Asia Timur Raya. Keinginan tersebut ditunjukkan Jepang dengan menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Kepulauan Hawaii pada 8 Desember 1941 untuk menaklukan wilayah Asia Pasifik.


Indonesia Mulai Dijajah Jepang pada Tahun Berapa?


Saat perjanjian Kalijati


Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, penyerahan penjajahan Indonesia antara Jepang dan Belanda disepakati dalam perjanjian Kalijati.


Pada 8-9 Maret 1942 Gubernur Jenderal Hindia Belanda Tjarda van Starkenborgh, Panglima Perang Jenderal Ter Poorten dan Panglima Perang Jepang Jenderal Imamura bertemu di Kalijati Subang untuk menandatangani kapitulasi Belanda kepada Jepang.


Penandatangan kapitulasi tersebut menandai perubahan pemerintahan jajahan dari Belanda ke Jepang. Sejak saat itu Indonesia mulai dijajah oleh Jepang.


Pemerintah Jepang mulai memanfaatkan data-data intelijen untuk merancang propaganda yang dapat menarik simpati rakyat Indonesia.


Dengan cepat, Jepang memahami budaya lokal Indonesia yang mengaitkan seluruh peristiwa sebagai akibat hal-hal yang berbau metafisis. Misalnya mengenai ramalan Jayabaya tentang datangnya bangsa berkulit kuning yang akan mengusir bangsa kulit putih.


Propaganda Jepang itu akhirnya menarik perhatian masyarakat Indonesia, sehingga kedatangannya disambut gembira oleh rakyat.


Adapun propaganda lain yang disampaikan yaitu menyatakan bahwa Jepang sebagai saudara tua bangsa Indonesia memiliki keinginan untuk membuat kawasan persemakmuran di wilayah Asia Pasifik.


Kemudian setelah itu lahirlah Gerakan 3A pada masa pendudukan Jepang, yaitu Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, dan Jepang Pemimpin Asia.


Jepang juga menarik pemuda Indonesia dengan melibatkan menjadi pasukan pembela tanah air (PETA). PETA dibentuk untuk menghadapi Sekutu di medan tempur selama Perang Dunia II berlangsung.


Membentuk Jawa Hokokai


Sejak Indonesia mulai dijajah Jepang tahun 1942, bentuk propaganda-propaganda terus diciptakan di berbagai bidang, salah satunya adalah Jawa Hokokai.


Pada 1 Maret 1944 Jepang membentuk Jawa Hokokai dengan pemimpin tertinggi Gunseikan dan penasihat utama Soekarno. Tujuannya adalah untuk menghimpun tenaga lahir dan batin rakyat Indonesia dengan dasar semangat kebaktian.


Jawa Hokokai juga menjadi organisasi induk gabungan dari kumpulan profesi seperti Himpunan Kebaktian Dokter, Himpunan Kebaktian Pendidik, Organisasi wanita dan Pusat budaya.

Sejarah Indonesia mulai dijajah jepang pada tahun 1942. Klik selanjutnya.

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia