Belanda Menyerah kepada Jepang, Ini Sejarahnya

Olivia Sabat - detikEdu
Jumat, 10 Sep 2021 07:30 WIB
Lubang Jepang di Bukittinggi
Lubang Jepang di Sumatra Barat. Belanda menyerah pada Jepang pada 1942 (Foto: Johanes Randy)
Jakarta -

Masa penjajahan kolonial di Hindia Belanda (Indonesia) berakhir ketika Belanda menyerah kepada Jepang pada 1942. Kekalahan Belanda ini disebabkan karena keberhasilan Jepang menduduki sebagian besar daerah Hindia Belanda, termasuk Batavia.

Dikutip dari tulisan "Sistem Ketatanegaraan Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang" dalam Jurnal Sejarah dan Budaya oleh Muhammad Rijal Fadli dan Dyah Kumalasari, Jepang berhasil masuk ke Hindia Belanda dan merebut Tarakan, Kalimantan Timur pada 12 Januari 1942.

Lalu, hanya dalam waktu singkat, Jepang berhasil merebut sebagian besar daerah lainnya, seperti Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, dan Palembang.

Berlanjut pada 1 Maret 1942, dengan dipimpin Jenderal Hitoshi Imamura, Jepang dapat menguasai wilayah penting di Jawa, yaitu Teluk Banten, Eretan Wetan di Jawa Barat, dan Kragan di Jawa Tengah.

Sampai akhirnya, Jepang berhasil menguasai Batavia pada 5 Maret 1942 dan memukul mundur pasukan Belanda ke Lembang, Jawa Barat. Merasa terdesak dengan kedudukan Jepang, akhirnya Belanda takluk tanpa syarat.

Peristiwa Belanda menyerah kepada Jepang ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kalijati pada 8 Maret 1942.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Tjarda van Starkenborgh Stachouwer dan Komandan Angkatan Perang Belanda di Jawa Letnan Jenderal Heindrik Ter Poorten.

Secara garis besar, perjanjian ini berisi pernyataan bahwa Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang dan memberikan kekuasaannya atas Hindia Belanda pada Jepang.

Lalu, bagaimana nasib Hindia Belanda sejak saat itu?

Setelah Belanda menyerah kepada Jepang, negeri matahari terbit secara resmi menjajah Hindia Belanda dan dengan segera melakukan perubahan untuk menghapus dominasi Barat. Selain itu, Jepang juga mulai melakukan berbagai persiapan untuk menjalankan pemerintahan di bawah komando militer Jepang.



Simak Video "Podium Perdana Maverick Vinales Bersama Aprilia"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia