Mengenal Rumah Adat dan Seni Musik Suku Sasak yang Berasal dari Lombok

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 09 Sep 2021 14:45 WIB
pernikahan suku sasak sade
Foto: (Afif/detikcom)/Mengenal Rumah Adat dan Seni Musik Suku Sasak yang Berasal dari Lombok
Jakarta - Suku Sasak merupakan suku bangsa Indonesia yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Suku Sasak memiliki sistem budaya yang terdokumentasikan dalam kitab Nagara Kartha Gama karangan Empu Nala dari Majapahit.

Di dalam kitab tersebut dijelaskan jika suku Sasak memiliki sistem budaya yang mapan. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya untuk menjaga suku Sasak tetap eksis. Suku Sasak juga dikenal dengan suku yang mampu menjaga dan melestarikan tradisinya.

Rumah Adat Suku Sasak yang Berasal dari Lombok

Melansir laman Kemdikbud, Suku Sasak memiliki rumah adat. Menurut Suku Sasak rumah memiliki posisi penting dalam kehidupan manusia yaitu sebagai tempat berlindung secara jasmani dan juga memenuhi kebutuhan spiritualnya.

Rumah adat suku Sasak juga dibangun berdasarkan nilai estetika dan budaya masyarakatnya. Suku Sasak sendiri mengenal beberapa jenis bangunan adat yang dijadikan sebagai tempat tinggal dan tempat penyelenggaraan ritual adat dan ritual keagamaan.

Atap rumah adat suku Sasak sendiri terbuat dari Jerami dan dindingnya dianyam dari bedek atau bambu. Lantai dari rumah adat tersebut terbuat dari campuran tanah liat dengan kotoran kerbau dan abu Jerami.

Campuran tanah liat dan kotoran kerbau dapat membuat lantai menjadi keras seperti semen. Pencampuran tanah liat dan kotoran kerbau sendiri sudah dilakukan secara turun menurun sejak zaman nenek moyang.

Seluruh bahan bangunan rumah adat suku Sasak didapatkan dari lingkungan sekitar mereka, bahkan untuk menyambung bagian-bagian kayu tersebut, mereka menggunakan paku yang terbuat dari bambu.

Rumah adat suku Sasak hanya memiliki satu pintu yang ukurannya sempit dan rendah, serta tidak memiliki jendela. Suku Sasak mempercayai jika rumah merupakan dimensi sakral (suci) dan duniawi.

Artinya adalah rumah selain menjadi tempat berlindung juga menjadi tempat untuk melakukan ritual-ritual sakral seperti arwah nenek moyang (papuk baluk), epen bale (penunggu rumah), dan sebagainya.

  • Seni Musik Adat

Suku Sasak merupakan suku bangsa indonesia yang berasal dari Lombok. Suku ini memiliki alat musik yang disebut dengan Cepung. Cepung merupakan seni vokal yang permainannya diiringi oleh dua alat musik yaitu seruling dan redep.

Karena alat musiknya terbatas, para pemain Cepung mengatasinya dengan menirukan bunyi gendang, kenceng, rincik. Para pemain juga bertugas sebagai pembawa syair atau pantun secara bersaut-sautan.

Pemain cepung yang membaca syair berjumlah 6 orang. Pembacaan cepung dilakukan dengan bergantian. Dua orang bermain alat musik dan tiga orang lainnya sebagai pembawa musik vokal yang dilakukan sambil bernari dengan gaya lucu sesuai syair dan gending yang dibacakan.

Kesenian cepung merupakan perkembangan dari pepaos-paosan yang berarti cerita yang diambil dari cerita klasik.

Jadi suku Sasak merupakan suku bangsa indonesia yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, ya detikers!

Simak Video "Diperlukan Stamina Untuk Menari Tarian Khas Suku Sasak Sade Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia