Siswa, Ada yang Tahu Julukan Benua Amerika?

Kristina - detikEdu
Jumat, 03 Sep 2021 11:50 WIB
Bendera Amerika Serikat AS
Foto: Dok. Anadolu Agency/Siswa, Ada yang Tahu Julukan Benua Amerika?
Jakarta -

Benua Amerika adalah satu dari enam benua secara umum. Benua Amerika sendiri terbagi menjadi Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Benua adalah daratan yang luas. Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, daratan tersebut terbentuk akibat pecahnya superbenua atau Pangea. Benua tidak tersebar merata di permukaan bumi. Lebih dari dua pertiga permukaan tanah bumi terletak di utara Khatulistiwa. Semua benua kecuali Antartika berbentuk baji, lebih lebar di bagian utara daripada di selatan.

Salah satu benua yang terbentuk dari superbenua adalah benua Amerika. Benua Amerika sering disebut sebagai benua Merah. Dalam buku The Red Man's Continent: A Chronicle of Aboriginal America oleh Ellsworth Huntington, benua Amerika disebut sebagai benua orang merah. Nama benua Merah sendiri diambil dari suku Amerika asli.

Penduduk asli Amerika juga disebut orang Indian Amerika, Amerindian, Amerin, Indian, aborigin Amerika atau First Nation, anggota dari salah satu masyarakat aborigin di Belahan Barat.

Dalam berbagai sumber disebutkan bahwa suku Indian mendiami wilayah Amerika Utara. Orang-orang Indian dikenal dengan kulitnya yang berwana merah. Hal itulah yang kemudian menyebabkan benua Amerika disebut sebagai benua Merah.

Jenis Benua Amerika

Benua Amerika dibagi menjadi dua, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Zona iklim kedua benua tersebut sangat berbeda. Amerika Utara memiliki iklim subarktik di utara, secara bertahap memanas ke selatan dan akhirnya menjadi tropis di dekat tanah genting selatan.

Sementara itu, di Amerika Selatan, iklim di utara adalah tropis, kemudian menjadi lebih dingin di selatan, dan akhirnya menjadi iklim laut yang dingin di Cape Horn.

1. Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara terkadang dianggap sebagai anak benua Amerika. Amerika Utara ditemukan seluruhnya di belahan bumi utara dan berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Samudra Atlantik di timur, Samudra Pasifik di barat, dan Amerika Selatan di selatan.

2. Benua Amerika Selatan

Benua Amerika Selatan sebagian besar terletak di belahan bumi selatan, kecuali area kecil di bagian paling utara benua. Benua ini berbatasan dengan Samudra Atlantik di timur, Samudra Pasifik di barat, Samudra Selatan di selatan, dan Amerika Utara di utara.



Simak Video "Selain Turki, Italia, dan Yunani, Spanyol Juga Alami Kebakaran Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia