Profil Benua Terkecil dan Terluas di Dunia, Perbandingannya Sangat Jauh

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 27 Agu 2021 17:55 WIB
Badan Antariksa AS (NASA) mengungkap penampakan terbaru planet bumi dibanding 20 tahun lalu. Penasaran?
Profil Benua Terkecil dan Terluas di Dunia Foto: Dok. NASA.
Jakarta - Di permukaan bumi ini terdapat enam benua. Masing-masing adalah Benua Asia, Eropa, Afrika, Amerika, Australia, dan Antartika. Namun, ada juga ahli geografi yang membagi dunia dalam lima benua tanpa memasukkan Antartika.

Ahli geografi lain ada pula yang berpendapat dunia terdiri atas tujuh benua. Di mana Amerika dibagi jadi Amerika Utara dan Amerika Selatan. Dalam artikel ini kita akan menggunakan pembagian benua menjadi enam benua.

Seperti yang dikutip dari buku IPS Kelas IX SMP/MTs yang disusun Iwan Setiawan dkk, definisi benua adalah massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu.

Masing-masing benua di atas memiliki luas sebagai berikut:

1. Asia: sekitar 47 juta kilometer persegi

2. Amerika: sekitar 46 juta kilometer persegi

3. Afrika: sekitar 33 juta kilometer persegi

4. Eropa: sekitar 10 juta kilometer persegi

5. Australia: sekitar 8 juta kilometer persegi

6. Antartika: sekitar 889 ribu kilometer persegi.

Merujuk berbagai sumber, benua yang disebut sebagai yang paling kecil di dunia adalah Benua Australia. Buku Seri Panduan belajar dan Evaluasi Geografi SMP/Mts Kelas IX karangan Vincentius Satu dan Fransisca Murdwiati, menyebutkan bahwa Benua Antartika disebut sebagai yang paling selatan.

Sementara, benua paling luas di dunia adalah Benua Asia. Berdasarkan buku IPS Terpadu: Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah karangan Nana Supriatna dkk., nama Asia diambil dari kata Asu yang merupakan salah satu etnis yang mendiami wilayah Timur Tengah.

Tak hanya paling luas, penduduk Benua Asia juga paling banyak. Pada publikasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), hingga tahun 2002 jumlah penduduk Asia mencapai 55% penduduk dunia.

Kembali menurut buku 99% Sukses menghadapi Ulangan harian SD/MI Kelas 6 karangan Tim Guru Eduka, Benua Asia dibagi menjadi Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Sedangkan sebagai benua terkecil, Australia juga merupakan sekaligus sebuah negara. Meski begitu, Australia adalah negara terbesar di dunia. Karena itulah Australia memiliki sebutan negara benua.

Benua ini terbagi menjadi enam negara bagian dan dua teritorial. Enam negara bagian tersebut adalah Australia Selatan, Australia Barat, New South Wales, Tasmania, Queensland, Victoria, teritorial Australia Utara, dan teritorial ibu kota Australia.

Penduduk Australia secara dominan tinggal di perkotaan. Dan mayoritas merupakan orang Eropa, terutama Inggris. Sedangkan sebagian kecilnya adalah orang Asia dan Aborigin.

Jadi, benua yang dikenal sebagai yang paling kecil dan paling luas di dunia adalah Australia dan Asia. Perbedaan keduanya nyaris 1:6.

Semoga pemaparan di atas membantu ya, detikers!



Simak Video "PM Scott Morrison: Gempa di Australia Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia