Benua Afrika : Letak Astronomis, Karakteristik, dan Negara di Dalamnya

Tim detikcom - detikEdu
Senin, 09 Agu 2021 20:29 WIB
Land Rover Defender Diuji di Afrika
Benua Afrika memiliki karakteristik alam yang sangat unik (Foto: Dok. Land Rover)
Jakarta - Benua Afrika memiliki luas mencapai 30,365 juta km persegi yang membuatnya jadi terluas kedua di dunia setelah Asia. Benua ini membentang sejauh 8.000 km dari utara ke selatan dan 7.400 km dari timur ke barat.

Titik paling utara benua Afrika berada di Al-Ghiran, Tunisia lalu titik paling selatan berada di Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Adapun titik paling timur ada di Xaafuun (Hafun) Point, dekat Tanjung Gwardafuy (Guardafui), Somalia. Sementara paling barat di Almadi Point, Tanjung Verde, Senegal.

Masa-masa lalu pada zaman imperialisme negara Eropa, benua Afrika mendapat julukan Benua Hitam. Sebutan ini selain warna kulit penduduknya, juga karena benua ini dianggap masih misterius. Afrika saat itu belum banyak dijelajahi dan dipetakan.

Benua ini juga mendapat julukan "benua Ibu". Seperti dikutip dari National Geographic, Afrika merupakan benua berpenghuni tertua di Bumi. Manusia dan nenek moyang manusia telah hidup di Afrika selama lebih dari 5 juta tahun.

Seperti dikutip dari Encyclopedia Britannica, pada zaman kuno orang Yunani dikatakan telah menyebut benua ini dengan benua Libya. Sementara orang Romawi menyebutnya dengan Afrika. Diperkirakan berasal dari bahasa Latin aprica artinya cerah atau aphrike Yunani yang berarti tanpa dingin.

Letak Astronomis Benua Afrika

Garis khatulistiwa membagi benua Afrika dalam dua bagian yang luasnya hampir sama besar. Sehingga sebagian besar negara di benua ini terletak di wilayah tropis.

Beberapa negara di benua Afrika juga dilewati meridian utama yang digunakan secara internasional adalah garis bujur Greenwich, berawal dari Kutub Utara, yang juga melewati kota Greenwich, Inggris.

Letak astronomis benua Afrika berada pada 37°Lintang Utara - 34°Lintang Selatan dan 17°Bujur Barat - 51°Bujur Timur.

Adapun letak geografis benua Afrika berada di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Benua ini berada di sebelah selatan Benua Eropa. Berikut rincian beberapa batasan wilayah benua Afrika:

1) Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa.

2) Sebelah Selatan dan Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.

3) Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Merah

Karakteristik Benua Afrika

Terdapat beberapa karakteristik benua Afrika yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Dikenal sebagai 'Benua Hitam' karena mayoritas penduduknya memiliki kulit berwarna hitam

2. Memiliki gurun terluas di dunia, yakni Gurun Sahara. Gurun tersebut memiliki luas mencapai 8,4 juta km². Gurun ini membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

3. Punya dataran tinggi Etiopia dan gunung api Kilimanjaro sebagai gunung tertinggi di benua Afrika.

4. Benua Afrika memiliki salah satu sungai terpanjang di dunia, yakni Sungai Nil dengan panjang mencapai 6.690 km. Sungai ini mengalir dari Danau Victoria dan Danau Tana menuju Laut Mediterania. Kemudian ada Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia. Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.

5. Terdapat piramida-piramida yang merupakan makam dari raja-raja Mesir. Piramida ini merupakan salah satu dari keajaiban dunia.

6. Afrika memiliki 800 bahasa yang paling banyak digunakan, misalnya kelompok bahasa Afro Asiatik (bahasa Arab, Somalia, Berber, Hausa, Amharik, dan Oromo), bahasa Nil-Sahara (Luo, Songhay, Nubian, dan Maasai), Niger-Kongo (Swahili, Yoruba, Igbo, Fula, dan Shona), dan Khoisan (Sandawe, Hadza, Khoe, Ju).

7. Membentang dari utara ke selatan sepanjang 8.000 km membuat benua Afrika memiliki beragam iklim. Kawasan yang berada dekat garis ekuator dengan iklim tropis, lalu subtropis, dan iklim gurun.

8. Perekonomian benua Afrika termasuk yang menengah ke bawah hingga batas krisis. Semua ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti halnya iklim, sebagian besar wilayah Afrika tergolong kering dan kurang potensial untuk digarap.

9. Benua Afrika memiliki keanekaragaman hayati yang beragam karena iklimnya yang berbeda-beda.

Flora dan fauna di Benua Afrika

Kondisi flora dan fauna di benua Afrika terkait dengan kondisi iklimnya. Di kawasan iklim hujan tropis (di bagian Afrika Tengah) terdapat variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat.

Sementara di bagian Utara dan Selatan (subtropis) terdapat stepa dan sabana yang luas, sedangkan di kawasan gurun hanya terdapat stepa dan tumbuhan kaktus.

Kondisi alam benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna. Afrika mempunyai banyak jenis fauna, terutama hewan mamalia besar. Fauna khas benua Afrika, yaitu addax, zarafah, zebra, antilop, kuda nil, badak, dan gajah.

Meskipun mempunyai kemiripan fisik dengan hewan-hewan sejenis di Asia, namun hewan-hewan Afrika memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih besar daripada hewan-hewan sejenis di Asia.

Daftar Negara di Benua Afrika dan Ibu Kotanya

Benua Afrika dibagi atas lima kawasan yakni Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan. Menurut data tahun 2018 dari PBB benua ini dihuni sekitar 1,3 miliar orang dengan kepadatan mencapai 36 jiwa per km persegi.


Kawasan Afrika Utara

Negara-negara di Afrika Utara dan ibu kotanya seperti:
Mesir : Kairo
Libya : Tripoli
Algeria : Algiers
Tunisia : Tunis
Moroko : Rabat
Sudan : Khartoum
Sudan Selatan : Juba

Selain itu di Afrika Utara ada juga Kepulauan Canaria yang merupakan teritorial Spanyol. Spanyol juga punya kota otonom Melilla dan Ceuta. Portugal juga punya Pulau Madeira di kawasan ini.

Ada juga Republik Demokratik Arab Sahrawi yang mengklaim kekuasaan atas seluruh wilayah Sahara Barat, bekas koloni Spanyol. Negara ini dideklarasikan oleh Frente Popular de Liberacion de Saguia el Hamra y Rio de Oro atau Front Polisario pada 22 Februari 1976 di Bir Lehlu

Kawasan Afrika Timur

Negara-negara di Afrika Timur serta ibu kotanya yakni:
Zambia : Lusaka
Rwanda : Kigali
Djibouti : Djibouti
Tanzania : Dodoma
Mauritius :Port Louis
Kenya : Nairobi
Zimbabwe : Harare
Eritrea : Asmara
Komoros : Moroni
Burundi : Bujumbura
Malawi : Lilongwe
Somalia : Mogadishu
Uganda : Kampala
Ethiopia : Addis Ababa
Mozambik : Maputo
Seychelles : Victoria
Madagaskar : Antananarivo

Selain itu ada juga Somaliland dengan ibu kota Hargeisa. Entitas ini belum diakui PBB sebagai sebuah negara.

Kawasan Afrika Barat

Kawasan ini memiliki organisasi regional yang disebut The Economic Community of West African States (ECOWAS). Organisasi ini berdiri pada 1975 melalui Traktat Lagos.

Negara-negara di Afrika Barat beserta ibu kotanya yakni:

Mauritania : Nouakchott
Guinea-Bissau : Bissau
Benin : Porto-Novo
Gambia : Banjul
Ghana : Accra
Niger : Niamey
Nigeria : Abuja
Sierra Leone : Freetown
Senegal : Dakar
Togo : Lome
Tanjung Verde : Praia
Pantai Gading : Yamoussoukro
Guinea : Conakry
Burkina Faso : Ouagadougou
Liberia : Monrovia
Mali : Bamako

Kawasan Afrika Tengah

Negara-negara di Afrika Tengah dan ibu kotanya yakni:
Gabon : Libreville
Republik Afrika Tengah : Bangui
Kamerun : Yaounde
Sao Tome dan Principe : Sao Tome
Chad : N'Djamena
Angola : Luanda
Republik Demokratik Kongo : Kinshasa
Guinea Khatulistiwa : Malabo
Kongo : Brazzaville


Kawasan Afrika Selatan

Negara di Afrika Selatan beserta ibu kotanya yakni:

Afrika Selatan : Cape Town, Pretoria, dan Bloemfontein
Swaziland : Mbabane
Namibia : Windhoek
Botswana : Gaborone
Lesotho : Maseru

Untuk diketahui negara Afrika Selatan yang terletak di benua Afrika bagian selatan ini punya tiga ibu kota. Pretoria adalah ibu kota untuk eksekutif, Bloemfontein untuk yudisial, dan Cape Town untuk legislatif.



Simak Video "Suasana Bandara Afsel Usai Dicekal Sejumlah Negara Imbas Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia