Benua Terluas di Bumi dan Karakteristiknya, Punya Keajaiban Dunia

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 19 Agu 2021 09:01 WIB
Benua Asia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Graphic_photo/Benua Terluas di Bumi dan Karakteristiknya, Punya Keajaiban Dunia.
Jakarta - Benua terluas di permukaan bumi adalah Asia yang memiliki luas 44.579.000 km persegi. Saking luasnya, seperempat wilayah daratan di dunia adalah benua Asia.

Luas benua Asia sebagai yang paling luas tercatat dalam Guiness World Records. Dikutip dari buku Benua dan Samudra karya Drs Mulyadi, lokasi benua Asia diapit Eropa, Australia, dan Amerika.

Posisi benua terluas di permukaan bumi ini juga dikelilingi samudera Hindia, Pasifik, dan Arktik. Sebagian besar Asia terletak di belahan bumi utara sedangkan sisanya di selatan.

Karakteristik benua Asia

Sebagai benua terluas di permukaan bumi, Asia punya ciri khas yang membedakannya dengan bentang alam sejenis. Berikut penjelasannya:

1. Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Luasnya mencapai 4,5 kali luas Benua Eropa yang seluas 10,18 juta km persegi.

2. Banyak terdapat bangunan yang merupakan keajaiban dunia, seperti Tembok Raksasa di China, Candi Borobudur di Indonesia, Taj Mahal di India, dan Ka'bah di Saudi Arabia.

3. Terdapat negara-negara yang mempunyai jumlah penduduk yang besar, seperti China, India, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.

4. Benua Asia adalah tempat lahirnya agama-agama besar, seperti agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu

5. Terdapat pegunungan, gunung, dan dataran tinggi yang tertinggi di dunia, yaitu Pegunungan Himalaya, Gunung Everest, dan dataran tinggi Tibet.

6. Benua dengan laut terluas di dunia, yaitu Laut China Selatan

7. Benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia, yakni dari Saudi Arabia

Bentang alam Benua Asia didominasi pegunungan dari rangkaian sirkum mediterania. Salah satunya puncaknya adalah Pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest. Puncak tertinggi gunung ini berada di ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut di Nepal.

Benua Asia juga memiliki semenanjung terbesar yaitu Semenanjung Arab. Semenanjung besar lainnya adalah Semenanjung India dan Semenanjung Malaka. Dataran rendah Asia banyak tersebar di kawasan Asia Timur.

Dataran rendah ini berada di sepanjang lembang Sungai Ob, Sungai Yenisey, Sungai Hoang Ho dan Sungai Yangtse, Sungai Indus, Sungai Gangga, dan kawasan Asia Tenggara, yakni di Semenanjung Malaka dan Indonesia.

Tulisan ini semoga bisa menjawab pertanyaan benua terluas di permukaan bumi adalah Benua Asia. Selamat belajar ya detikers.

Simak Video " Dua Orang Ini Cetak Rekor Pendakian Gunung Everest"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia