5 Kos-kosan di Daerah Jatinangor, Fasilitasnya Ada yang Setara Hotel Loh!

Nur Azis - detikEdu
Rabu, 11 Agu 2021 08:00 WIB
De Java
Foto: Nur Azis
Sumedang -

Kawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang dikenal sebagai salah satu kawasan pendidikan di Indonesia. Betapa tidak, Kampus- kampus ternama bercokol di kawasan ini, sebut saja Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung(ITB), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN).

Sebagai kawasan pendidikan, sudah barang tentu didatangi oleh para mahasiswa dari berbagai daerah. Setali daripada itu, kebutuhan akan hunian, baik itu sewa rumah atau kos-kosan menjadi kebutuhan primer.

Sewa rumah atau kos tentunya perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Kos ideal akan dilihat dari mulai jarak, fasilitas, suasana lingkungan dan faktor lainnya. Hal itu tentunya akan berpengaruh pada budgeting anda, seperti pribahasa "harga tidak pernah bohong".

Berikut 5 kosan yang berhasil detikcom datangi dari mulai setara hotel sampai kos-kosan biasa:

1. Bumi Kartika Asri

Bumi Kartika AsriBumi Kartika Asri Foto: Istimewa

Pertama yang akan detikcom ulas adalah Bumi Kartika Asri. Pondokan Sekelas Asrama Bernuansa Hotel, begitu yang tertulis di gerbang Gapura saat tiba memasuki kawasan gedung tersebut.

Bumi Kartika Asri sendiri berlokasi di Jalan Caringin, No 20, Desa Sayang Jatinangor atau 200 meter dari Jalan Raya Sumedang - Kota Bandung. Akses menuju kampus bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 10 menit dengan menggunakan kendaraan.

Sesuai dengan taglinenya, Bumi Kartika Asri memiliki dua gedung khusus putra dan putri dengan masing-masing memiliki 4 lantai dan 104 kamar sehingga total menjadi 208 kamar. Disini, beragam fasilitas baik pribadi maupun umum lengkap.

Selayaknya hotel, Bumi Kartika Asri membagi beberapa tipe kamar bagi para penyewa, di antaranya tipe single VIP, tipe single executive, tipe single deluxe, tipe single standar, tipe single simple dan tipe single melati. Masing-masing tipe akan mendapatkan fasilitas dan harga yang berbeda.

Namun secara umum, fasilitas yang didapat diantaranya :
- Luas kamar 4m x 5,5m
- T V 32 inch
- Air Conditioning (AC)
- Mini Kulkas
- Furniture minimalis dan elegan
- Kasur springbed "Single dan Twin
- Kamar mandi di dalam (WC duduk, shower dan Water Heater)
- Ruang bersama
- Mushola
- Free Wifi
- Keamanan 24 jam dan CCTV
- Petugas kebersihan kamar
- Petugas pembersih umum
- Laundry
- Layanan antar jemput
- Wasabi cafe
- Area rekreasi (Ruang bernyanyi, Studio music, Mini theater, Game center)
- Area Bisnis (fotocopy dan minimarket)

Bumi Kartika AsriBumi Kartika Asri Foto: Istimewa

Berikut masing-masing harga sewanya, Tipe Single VIP (Rp 28.875.000/tahun atau Rp 3 juta/bulan), Tipe Single Executive (Rp 26.250.000/tahun atau Rp 2.625.000/bulan), Tipe Single Deluxe (Rp 23.100.000/tahun atau Rp 2.310.000/bulan), Tipe Single Standard (Rp 21.000.000/tahun atau Rp 2.100.000/bulan), Tipe Single Simple (Rp 20.000.000/tahun atau Rp 2.000.000/bulan) dan Tipe Single Melati (Rp 18.900.000/tahun atau Rp 1.890.000/bulan).

Dari total 104 kamar masing-masing gedung, saat ini yang masih kosong ada 70 kamar untuk putra dan 65 kamar untuk putri. Gimana detikers tertarik untuk sewa kos-kosan di sini?

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia