Kebudayaan Singapura Kental dengan Aspek, Ini 5 Alasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 03 Agu 2021 20:00 WIB
Budaya Hawker Singapura Terdaftar Sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO
Foto: Getty Images/joyt/Kebudayaan Singapura Kental dengan Aspek, Ini 5 Alasannya
Jakarta - Singapura adalah negara yang kaya akan budaya. Kebudayaan Singapura kental dengan aspek keberagaman seperti budaya, etnis, dan agama. Aspek keberagaman menjadi pondasi kebudayaan di Singapura karena di dalamnya terdapat perayaan, tradisi, dan praktik keagamaan sendiri.

Berikut adalah 5 alasan mengapa Singapura menjadi negara yang kaya akan budaya dan paling beragam. Penjelasan di bawah dikutip dari laman Visit Singapore:

Alasan Kebudayaan Singapura Kental dengan Aspek

  • 1. Komunitas Yang Beragam dan Ramai

Di Singapura terdapat berbagai macam ras dari berbagai negara seperti India, Tiongkok, dan seluruh kepulauan Malaysia/ Indonesia. Mereka semua datang ke Singapura untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Di Singapura juga terdapat wilayah peranakan bersejarah seperti Joo Chiat/Katong atau terdapat daerah dengan penduduk India yang disebut Little India. Penduduk asli di Singapura terdapat di Kampong Gelam yang merupakan tempat leluhur dan para sultan.

  • 2. Memiliki Makanan Khas yang Beragam

Singapura memiliki makanan yang sangat beragam seperti roti prata yang merupakan roti pipih tradisional India. Selain itu juga terdapat kari Melayu dan nasi ayam Hainan yang terkenal dari Singapura.

Di Singapura juga terdapat hidangan peranakan yang berasal dari Eurasia dan Peranakan. Hidangan mereka merupakan campuran tradisi Asia dan Eropa seperti sup pedas dan daging panggang di restoran Eurasia dan daging kukus dan kari di restoran Peranakan.

  • 3. Agama yang Beragam dan Hidup Bersama dengan Damai

Kebudayaan Singapura kental dengan aspek keberagaman. Oleh karena itu menurut Survei Singapura adalah negara paling beragam di Singapura. Banyak orang dari segala agama, hidup, bekerja, dan beribadah bersama.

Waterloo Street atau South Bridge Road adalah tempat yang memiliki banyak tempat ibadah seperti kuil, masjid, dan sinagoga. Selain itu di Singapura juga terdapat tempat beribadah yang paling mengangumkan seperti St Andrew's Cathedral dan wilayah angkasa di Civic District.

Selain itu juga terdapat masjid kubah emas di Sultan Mosque yang terdapat di Kampong Gelam.

  • 4. Merayakan Keberagaman

Singapura sangatlah merayakan keberagaman seperti pada Tahun Baru Imlek, Hari Raya Idul FItri, Deepavali, Hari Raya Waisak, ataupun Hari Natal. Seluruh etnis dan agama di Singapura menganggapnya sebagai rumah mereka.

Jika detikers ingin melihat keberagaman di Singapura dapat berkunjung di River Hongbao, bazar Ramadhan Geylang Serai dan Christmas on A Great Street. Di festival-festival tersebut terdapat santapan, pertunjukan, dan permainan yang sangat ramai dan menyenangkan.

Detikers juga dapat berkunjung ke Little India selama hari raya Deepavali atau Thaipusam terdapat festival yang menyajikan pertunjukan seni dan serangkaian gerai tradisional bermunculan.

  • 5. Pop Culture yang Kuat

Selain budaya tradisional , di Singapura budaya pop juga sangat lekat. Di Singapura terdapat banyak pameran, konser, dan festival seperti Singapore Art Week dan Singapore Writers Festival.

Juga ada festival untuk penggemar buku komik, anime, hingga komedi.

detikes, sudah paham kan alasan kenapa kebudayaan Singapura kental dengan aspek keberagaman?



Simak Video "Singapura Lockdown Parsial Sebulan, Pertemuan Maksimal 2 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia