Negara Malaysia: Sejarah, Suku Bangsa, dan Letak Geografisnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 02 Agu 2021 13:15 WIB
A man wearing a face mask walks along an empty road in front of the Twin Towers during the first day of Full Movement Control Order (MCO) in Kuala Lumpur, Malaysia, Tuesday, June 1, 2021. Malls and most businesses in Malaysia shuttered Tuesday as the country began its second near total coronavirus lockdown to tackle a worsening pandemic that has put its healthcare system on the verge of collapse. (AP Photo/Vincent Thian)
 Apakah suku bangsa Malaysia hanya Melayu? Berikut penjelasannya Foto: AP/Vincent Thian
Jakarta -

Suku bangsa Malaysia terdiri dari beberapa kelompok penduduk asli yang sudah mendiami sejak ribuan tahun lalu. Apa saja suku bangsa di Malaysia?

Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, penduduk asli Malaysia dikenal dengan sebutan 'Orang Asl' (tinggal di Wilayah Semenanjung), 'Orang Penang' (Serawak) dan 'Orang Rungus' (Sabah). Diperkirakan, keberadaan penduduk asli di wilayah tersebut sudah ada sejak 5000 tahun lalu.


Berikut ini ulasan lengkap tentang sejarah, sistem pemerintahan negara, dan suku bangsa Malaysia.


Sejarah Singkat Malaysia

Penduduk asli diperkirakan berasal dari Cina dan Tibet yang pindah ke Selatan melalui daratan Asia Tenggara dan Semenanjung Melayu, kemudian terus ke Indonesia.

Kemudian terdapat perpindahan gelombang kedua dan ketiga yang melibatkan "Orang Melayu". Orang Melayu pertama (Proto-Melayu) diperkirakan berdiam di wilayah ini sejak 1000 tahun sebelum masehi. Perpindahan ini juga diikuti oleh kelompok imigran lain yaitu Deutero Melayu pada abad-abad berikutnya.


- Kebudayaan Melayu

Kebudayaan Melayu dipengaruhi oleh Hinduisme dan Budhisme yang berasal dari India. Kemudian pada abad ke-13 Islam mulai masuk dan mempengaruhi, hingga menjadi agama mayoritas, setelah para pemimpin Melayu-Hindu di Malaka menjadi pemeluk Islam.


- Masa Penjajahan

Tahun 1511 merupakan era penjajahan bangsa Eropa ke tanah Melayu yaitu masuknya Portugis ke Malaka. Tepat pada akhir abad ke-18 Inggris masuk ke Malaysia.

Namun pada Pemilihan Umum Federal Pertama yang diadakan pada tahun 1955, aliansi beberapa partai politik yang diketuai oleh Tunku Abdul Rahman berhasil menang mutlak (memperoleh 51 kursi dari 52 kursi yang diperebutkan).

Aliansi ini berhasil menekan Inggris untuk menyerahkan kekuasaannya kepada Malaysia pada tanggal 31 Agustus 1957. Tanggal tersebut diabadikan sebagai hari kemerdekaan negara Malaysia.


Suku Bangsa Malaysia

Berdasarkan keterangan di laman kemlu.go.id, luas wilayah Malaysia adalah 329.718 km2 yang terdiri dari wilayah:

- Wilayah Semenanjung: 131.598 km2

- Wilayah Serawak: 124.449 km2

- Wilayah Sabah: 73.620 km2

Dari luas tersebut, secara garis besar, terdapat penduduk dari beberapa kelompok etnis / suku, di antaranya adalah Kadazan-Dusun, Sino-Kadazan, Melayu, Murut, Bajau, Kwijau, Illanun, Rungus, Lotud, Tambanuo, Dumpas, Mangka'ak, Suluk/Tausug, Ilocano, Orang Sungai, Brunei, Kedayan, Bisaya Beaufort, Tidong, Maragang, Orang Cocos, Paitan, Ida'an, Minokok, Rumanau, Yakan, Filipino, Serani, Kelompok dari Sarawak, serta Chabacano.


Letak Geografis Malaysia

Negara dengan ibu kota Kuala Lumpur ini terdiri dari dua bagian besar wilayah daratan yaitu Malaysia Barat yang disebut Semenanjung (Peninsula) Malaysia yang terletak pada posisi 01,0-06,9 LU dan 99,6-104,8 BT serta Malaysia Timur yang meliputi Sabah dan Sarawak yang terletak pada lokasi 00,8-08,2 LU dan 109,2-119,4 BT.

Adapun secara geografis, Malaysia memiliki perbatasan dengan beberapa negara baik di darat maupun laut, antara lain:

Malaysia Barat

- Utara: Thailand (Perbatasan Darat 288 km).

- Selatan: Singapura dan Indonesia.

- Barat: Indonesia.

- Timur: Indonesia, Thailand, Kamboja dan Vietnam.


Malaysia Timur

- Utara: Laut China Selatan

- Selatan: Indonesia (Perbatasan darat dengan Kalimantan Barat dan Timur 1620 km)

- Barat: Indonesia (Perbatasan Laut)

- Timur: Filipina (Perbatasan Laut)


Bagaimana detikers? Sekarang sudah tahu kan suku bangsa Malaysia dan kondisi negaranya?



Simak Video "Ratusan Warga Malaysia Demo Desak PM Muhyiddin Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia