Batas Wilayah Brunei Darussalam, Dekat dengan Indonesia

Kristina - detikEdu
Sabtu, 31 Jul 2021 15:01 WIB
Sultan Omar Ali Saifuddin Mosque, Brunei Darussalam, depicting Mughal architecture and Italian style
Batas Wilayah Brunei Darussalam, Dekat dengan Indonesia (Foto: Getty Images/iStockphoto/jikgoe)
Jakarta -

Brunei Darussalam adalah negara terkaya di kawasan Asia Tenggara yang juga salah satu di dunia. Negara ini berbatasan langsung dengan laut dan satu negara. Seperti apa batas wilayahnya?

Negara yang dijuluki Petro Dollar ini terletak di barat laut pantai utara Pulau Kalimantan. Berdasarkan letak astronomisnya, Brunei Darussalam terletak pada 4° LU-5° LU dan 114° BT-115° BT. Wilayah negara ini seluas 5.765 kilometer persegi.

Berikut batas wilayah Brunei Darussalam:

- Sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan
- Sebelah timur, selatan, dan barat berbatasan dengan negara bagian Serawak, Malaysia.

Dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX oleh Anwar Kurnia, bentang alam Brunei Darussalam terbagi menjadi dua bagian, yakni barat dan timur. Bagian barat terdiri atas daerah Tutong, Belait, dan Brunei. Wilayah ini umumnya berupa dataran rendah dan rawa, kecuali di bagian selatan ada sedikit perbukitan.

Wilayah barat Brunei Darussalam dialiri tiga sungai. Antara lain sungai Tutong, sungai Brunei, dan sungai Belait. Sungai Belait merupakan sungai terpanjang di negara Brunei Darussalam.

Daerah Temburong menempati bagian timur Brunei Darussalam. Wilayah ini didominasi perbukitan dan dataran tinggi, dengan Gunung Pagon (1.850 m) sebagai tempat tertinggi. Di bagian ini mengalir sungai Temburong dan anak-anaknya.

Brunei Darussalam beriklim tropis. Suhu rata-rata berkisar 24°C- 30°C. Curah hujan tahunan berkisar 2.540 mm per tahun. Pada bulan Juni-Agustus akan terjadi musim kemarau. Sedangkan bulan November-Mei akan berlangsung musim penghujan.

Hampir 80% wilayah Brunei Darussalam merupakan hutan tropis. Negara ini menyimpan kekayaan yang bersumber dari cadangan minyak dan gas alam. Ladang minyak di Seria merupakan cadangan minyak terbanyak di Asia Tenggara. Ladang lain juga ditemukan di wilayah lepas pantai Kuala Belait, Ampar, dan Jerudong.

Selain minyak dan gas alam, penduduk Brunei Darussalam juga bekerja di sektor pertanian dan perkebunan. Mereka menanam padi, jagung, kelapa, sau, karet, hingga lada.



Simak Video "Indonesia-Malaysia-Brunei Keluarkan Sikap Bersama: Kutuk Agresi Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia