Negara Vietnam: Ibu Kota, Letak Geografis, dan Kondisi Alamnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 01 Agu 2021 13:25 WIB
Desa Terapung Cua Van
Letak geografis Vietnam dan kondisi alamnya (Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta - Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi. Bentuk negaranya adalah Republik Sosialis dengan kepala pemerintahannya seorang Perdana Menteri.

Negara yang merdeka pada 2 September 1945 memiliki luas wilayah total 331.210 km2 yang terdiri dari wilayah daratan 310,070 km2 dan wilayah perairan 21,140 km2. Dari luas tersebut terdapat jumlah penduduk mencapai 96,462,106 juta jiwa (survei 2019).

Lantas apa saja suku bangsa dan bagaimana kondisi alam di Vietnam? Berikut ulasannya.

Suku Bangsa di Vietnam

Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, negara Vietnam memiliki 54 suku etnis yang tersebar di seluruh wilayah.

Suku Kinh merupakan suku mayoritas dengan 86% dari populasi Vietnam dan tinggal di dataran rendah dan delta-delta sungai, sementara 53 suku etnis lainnya tersebar di daerah pegunungan.

Tiap suku etnis di Vietnam memiliki budaya, agama, dan kepercayaan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Berikut suku-suku etnis di Vietnam: Chut, Kinh itau Viet (mayoritas), Muong, Tho. Bo Y, Giay, Lao, Lu, Nung, San Chay, Tay, Thai, Ba Na, Brau, Brau-Van Kieu, Cho Ro, Co, Co Ho, Co Tu, Gie Trieng, Hre, Khang, Khmer, Kho Mu, Ma, Mang, M'nong, O Du, Ro Mam, Ta Oi, Xinh Peo, Cham, Chu Ru, Ede, Gia Rai, Ragiai, Hoa, Ngai, San Diu, Cong, Ha Nhi, Lo Lo, Phu La, dan Si La.


Letak Geografis Vietnam

Negara Vietnam merupakan negara agraris di kawasan Asia Tenggara yang membentang membentuk huruf S di sepanjang Pantai Timur Jazirah Indocina.

Letaknya berbatasan dengan Tiongkok di Utara, Laos, dan Kampuchea di Barat, Teluk Tonkin di Selatan dan Barat.

Posisi Vietnam yang berbatasan dengan Tiongkok, Laos, dan Kamboja sangat mempengaruhi politik luar negerinya, antara lain sikap yang ingin mendominasi tetangganya yang di Barat karena keamanan Vietnam selalu dikaitkan kepada ketiga negara tersebut.


Kondisi Alam Vietnam

Dataran tinggi Vietnam utara dapat dibagi menjadi dua wilayah yang berbeda yakni wilayah di utara Sungai Hong dan pegunungan yang memanjang ke selatan Sungai Hong hingga ke negara tetangga Laos.

Sungai Hong membentuk lembah yang dalam dan relatif lebar yang membentang lurus ke arah barat laut hingga tenggara untuk sebagian besar jalurnya dari perbatasan Cina ke tepi delta.

Sementara pantai timur laut Vietnam dihiasi dengan ratusan pulau yang sebagian besar terdiri dari batu kapur. Di Vietnam bagian tengah ada Pegunungan Annam yang sejajar dengan pantai. Beberapa puncaknya bisa mencapai ketinggian hingga 1.800 meter.

Adapun di bagian selatan juga terdapat dataran yang sangat luas, yaitu Delta Sungai Mekong. Sungai Mekong berhulu di Dataran Tinggi Tibet.

Kondisi tanah yang subur membuat mayoritas penduduk negara Vietnam lebih banyak bekerja di sektor pertanian. Adapun tanaman yang menjadi komoditas negara ini antara lain jagung, ubi jalar, teh, hingga tembakau.



Simak Video "Vietnam Lockdown Dua Minggu Buntut Rekor Kasus Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia