Negara Laos: Ibu Kota, Sistem Pemerintahan, dan Kondisi Geografisnya

fahri zulfikar - detikEdu
Minggu, 01 Agu 2021 10:02 WIB
Pasar tradisional Laos
Pasar tradisional Laos. Negara Laos: Ibu Kota, Sistem Pemerintahan, dan Kondisi Geografisnya (Foto: (Lena Ellitan/d'traveler)
Jakarta - Ibu Kota negara Laos adalah Vientiane. Bentuk pemerintahan negara Laos adalah Republik Komunis yang menganut sistem partai tunggal yaitu Partai Revolusioner Rakyat Laos (PRRL).

Negara dengan ibu kota Vientiane didirikan pada tanggal 2 Desember 1975 dengan ideologi komunis yang memiliki organisasi sayap mengatur kebijakan dan mengendalikan seluruh aspek kehidupan di Laos.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, berikut ini profil negara Laos selengkapnya.

Sistem Pemerintahan Negara Laos

Sistem pemerintahan Laos adalah Kabinet Parlementer dengan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan. Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh National Assembly (NA) untuk masa bakti 5 tahun. Sementara Perdana Menteri dan anggota Kabinet ditunjuk oleh Presiden atas persetujuan NA yang merupakan Majelis tipe Unikameral yang anggotanya dipilih oleh rakyat Laos. Pemilihan umum tanggal 20 Maret 2016 telah memilih 149 anggota NA periode 2016 - 2020.


Pemerintahan sekarang ini dipimpin oleh Y.M. Bounnhang VORACHITH sebagai Presiden/Kepala Negara dan Y.M. Thongloun SISOULITH sebagai Perdana Menteri/Kepala Pemerintahan yang disahkan pada sidang ke-8 National Assembly dan telah mulai melaksanakan tugasnya pada Januari 2016.


Jadi Negara Komunis Terakhir

Laos bukan satu-satunya negara komunis terakhir di dunia. Bersama dengan Republic Rakyat Cina (RRC), Vietnam, Kuba, dan Korea Utara adalah lima negara komunis yang masih bertahan di dunia.


Laos mulai menerapkan komunisme di tahun 1975 usai revolusi yang didukung Vietnam dan Uni Soviet.


Kemiskinan yang tinggi membuat negara ini mendorong liberalisasi ekonomi dengan mengizinkan hak kepemilikan pribadi di sejumlah sektor pada 1986. Hingga kini, sekitar 77% populasi Laos masih hidup di bawah garis kemiskinan.


Kondisi Geografis Negara Laos


Secara geografis, Laos di sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Myanmar, sebelah utara berbatasan dengan Cina dan Vietnam, sebelah timur dengan Vietnam, dan di selatan ada negara Kamboja.

Laos menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki laut sehingga dijuluki sebagai "The Land Locked Country".

Dengan kondisi tersebut, Laos memiliki kerugian karena tidak bisa terlibat perdagangan laut, penangkapan ikan, atau kegiatan impor dan ekspor internasional.

Akibatnya, pemerintah Laos berupaya menjadikan negaranya sebagai jembatan darat yang menawarkan rute transportasi darat paling fleksibel antar negara tetangga.

Simak Video "RI dan Laos Teken Kerja Sama di Bidang Hukum"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia