Dear Siswa, Ini Lho Kebutuhan Air Setiap Hari agar Tidak Dehidrasi

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 28 Jul 2021 10:00 WIB
Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air
Foto: iStock
Jakarta - Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Namun bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari?


Berdasarkan standar Kementerian Kesehatan RI, ketentuan air minum yang layak dan aman untuk dikonsumsi yakni air yang tidak memiliki rasa, bau atau warna, tidak mengandung bakteri, dan tidak mengandung bahan kimia melebihi batas yang diperbolehkan.


Adapun menurut Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dilansir dari Instagram resminya bahwa memenuhi kebutuhan air putih setiap hari bertujuan untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.


"Biar perlindungan makin komplit, jangan lupa selalu menerapkan pola hidup sehat. Seperti istirahat yang cukup, kelola stres dengan baik, konsumsi makanan bergizi seimbang, dan disiplin prokes 5M," tulisnya seperti dikutip detikEdu dari akun @disdikdki (28/7).


Berikut ini 6 cara penuhi kebutuhan air setiap hari ala Disdik DKI:


1. Minum Air Setelah Makan atau Ngemil


Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.


2. Sedia Botol Berisi Air


Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas tiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.


3. Tambahkan Rasa


Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.


4. Makan Makanan yang Mengandung Air


Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperoleh dari buah dan sayur seperti bayam dan semangka yang mengandung 90% air.


Selain itu ada pula makanan yang kaya akan air yang bisa dikonsumsi untuk kebutuhan air harian juga. Beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan seperti timun (96% air), zucchini (95% air), dan anggur (91% air).


5. Segelas Air Setelah ke Toilet


Saat merasa butuh ke kamar kecil, sempatkan untuk ke daur dan siapkan segelas air. Buang air kecil maupun besar akan mengeluarkan sebagian cairan tubuh dan harus digantikan dengan cairan yang baru.


Menyiapkan segelas air sebelum ke toilet akan memudahkan untuk minum air setelah ke toilet. Isi gelas dengan penuh dan habiskan sesaat setelah kembali dari toilet.


6. Gunakan Bantuan Aplikasi


Manfaatkan gadget kamu untuk mengunduh beberapa aplikasi bermanfaat. Salah satunya aplikasi yang diciptakan untuk mengingatkan waktu minum.


Aplikasi semacam water reminder, water intake reminder, dan pengingat minum lainnya sangat berguna untuk mengingatkan waktu minum.


Bukan hanya waktu minum, aplikasi semacam ini juga bisa membantu untuk melihat berapa banyak air yang sudah diminum dan dibutuhkan dalam sehari.



Simak Video "Polisi Tangkap Pria Paksa Istri Minum Air Kencing di Sumsel"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia