5 Pilihan Doa Sesudah Belajar untuk Anak PAUD

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 27 Jul 2021 04:59 WIB
One Day One Hadits Doa Terhindar dari Penyakit
5 Pilihan Doa Sesudah Belajar untuk Anak PAUD (Foto: Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta - Pembiasaan yang wajib diajarkan oleh guru di sekolah, utamanya bagi siswa di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), adalah membaca doa. Salah satunya adalah doa sesudah belajar seperti yang diajarkan dalam ajaran agama Islam.

Melansir dari laman reski Ruang Guru PAUD Kemendikdud, tujuan para siswa diajarkan berdoa setiap saat adalah agar siswa PAUD diajarkan mengenal Allah SWT melalui aktivitas kebiasaan sehari-hari mereka. Selain itu, mengajarkan doa untuk anak usia dini merupakan masa yang tepat karena usia dini merupakan masa absorbent mind mereka.

Masa absorbent mind adalah pikiran yang mudah menyerap segala sesuatu atau seperti yang disampaikan ilmuwan Montessori adalah masa yang tepat untuk anak diajarkan berdoa.

Mengajarkan anak berdoa sesudah belajar juga ditujukan untuk memohon ridha Allah dan berharap ilmu yang sudah diterima sebelumnya dapat bermanfaat bagi orang lain. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW menyebutkan keistimewaan dalam menuntut ilmu yang berbunyi:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ . رَوَاهُ مُسْلِم

Artinya: "Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim)

Adapun pilihan bacaan doa sesudah belajar yang bisa diajarkan untuk anak PAUD, telah dikumpulkan detikEdu dari berbagai sumber buku bacaan doa untuk anak. Berikut ini 5 pilihan doanya.

Doa Sesudah Belajar untuk Anak PAUD

1. اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَوْدِعُكَ مَا عَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ إِلَيَّ عِنْدَ حَاجَتِيْ إِلَيْهِ وَلَا تُنْسِنِيْهِ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan latin: Allaahumma innii astawdi'ukka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali. Janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu, Wahai Tuhan seru sekalian alam."

2. اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Bacaan latin: Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa'ah wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tinaabah

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami keburukan sehingga kami dapat menjauhinya."

3. رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

4. اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan latin: Allahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an wa rizqon toyyiban wa 'amalan mutaqobbalan

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang tidak tertolak."

5. سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Bacaan latin: Subhanaka allahumma wa bihamdika 'asy-hadu an laa 'ilaahailla 'anta 'astagfiruka wa 'atuubu ilayka

Artinya: "Mahasuci dan Maha Terpujilah Engkau ya Allah. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Aku mohon ampun dan taubat kepada-Mu."

Itulah 5 pilihan doa sesudah belajar yang bisa diajarkan kepada anak PAUD. Semoga bermanfaat, sahabat hikmah!



Simak Video "Batal Naik Haji, Calon Jemaah Haji Tunisia Sumbangkan Uangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia