Bacaan Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar dengan Latin dan Artinya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 02 Jun 2021 20:00 WIB
side of asian young beautiful muslim woman pray with beads and read quran sit on carpet mat with meditation in mosque.
Foto: Getty Images/iStockphoto/mkitina4
Jakarta - Berdoa sebelum belajar sangat dianjurkan dalam Islam. Tujuan dari berdoa sebelum menuntut ilmu adalah agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat.

Karena belajar juga merupakan suatu bentuk ibadah, memang sebaiknya diawali dengan berdoa terlebih dahulu. Maka dari itu, berikut detik membagikan bacaan doa sebelum mulai belajar yang bisa kamu amalkan.

Doa sebelum belajar:

رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا


Arab latin: Robbii zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizki akan kepahaman."

Selain bacaan pendek doa sebelum belajar di atas, sebagian ulama juga memberi sedikit tambahan dari doa tersebut, berikut ini bacaannya:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya:
"Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh."

Dalam agama Islam sendiri, orang-orang yang berilmu memiliki keutamaan yang dituangkan dalam surat al Mujadilah ayat 11. Berikut bunyi keutamaan orang yang menuntut ilmu dalam surat tersebut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ


Artinya:
"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu,"Berlapang-lapanglah dalam majelis.", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu.", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Selain firman Allah SWT di atas, sebuah hadits yang diriwayatkan oleh HR Muslim juga menyebutkan keutamaan ilmu. Ini dia bunyi hadits tersebut.


إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ


"Jika anak Adam meninggal maka terputuslah amalnya kecuali dari tiga perkara: shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya." (HR. Muslim)

Kemudian, setelah belajar atau menuntut ilmu, hendaknya pula kita menutupnya dengan doa. Bunyi dari doa sesudah belajar adalah di bawah ini.


اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ


Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin.


Artinya :
"Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali. Janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu, Wahai Tuhan seru sekalian alam."

Di samping doa-doa di atas, ada baiknya selama belajar kita juga menerapkan adab-adab yang baik agar ilmu yang didapat berkah dan bermanfaat. Di antara adab-adab menuntut ilmu adalah:

1. Memiliki niat sungguh-sungguh dan ikhlas dalam belajar karena Allah SWT.

2. Bersikap sopan terhadap guru atau pengajar serta teman yang sama-sama menuntut ilmu.

3. Tidak tergesa-gesa selama proses belajar.

4. Mengesampingkan terlebih dahulu, hal-hal yang mengganggu belajar.

5. Tidak bersikap sombong atau sok tahu saat menerima pelajaran.

Itulah bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar. Mudah bukan, bacaannya?



Simak Video "Mahfud Md Bingung Doa SBY Dipersoalkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia