Sistem Pemerintahan Myanmar, Ibu Kota, dan Letak Geografisnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 26 Jul 2021 14:34 WIB
Para aktivis di Myanmar melakukan serangan diam usai bocah 7 tahun tewas ditembak pasukan keamanan. Akibat serangan diam itu Kota Yangon sepi dari aktivitas
Foto: AP Photo
Jakarta - Myanmar merupakan negara yang berada di wilayah Asia Tenggara dan menjadi anggota ASEAN pada 23 Juli 1997. Apa sistem pemerintahan Myanmar?


Dalam sejarahnya, Myanmar memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 4 Januari 1948. Kemudian empat belas tahun setelahnya yakni pada tahun 1962, angkatan bersenjata Myanmar menggulingkan pemerintahan sipil dan memasang rezim otoriter.


Lalu apa sistem pemerintahan Myanmar sebenarnya? Berikut ini penjelasan sistem pemerintahan Myanmar beserta Ibu Kota dan Letak Geografisnya, dikutip dari jurnal "Demokrasi Mati Suri" oleh Yayasan Obor Indonesia.


Sistem Pemerintahan Myanmar


Republik Kesatuan Myanmar sejatinya memiliki sistem presidensial di mana menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.


Namun dalam sejarah politiknya, Myanmar menjadi memiliki beberapa sistem pemerintahan lain yang diakibatkan oleh kudeta, perbedaan kubu, dan daerah.


Dalam buku "Demokrasi Mati Suri" juga dijelaskan bahwa pada sistem pemerintahan Myanmar di bawah Junta Militer dengan dua kendali, yakni Dewan Pembangunan dan Perdamaian Negara (State Peace and Development Council/SPDC) yang dipegang oleh Jenderal Besar (Senior General) Than Shwe dan seorang Perdana Menteri bernama Letnan Jenderal (Lieutenant General) Soe Win.


Meski Myanmar memiliki seorang perdana menteri, dalam praktiknya semua kehidupan bernegara berada di bawah kendali satu tangan Than Shwe.


Dengan sistem pemerintahan yang demikian, otomatis tak ada satu pun kekuatan oposisi yang eksis berhadapan dengan kekuatan pemerintah seperti Junta Militer ini.


Bahkan pada Februari 2021 lalu, Junta militer resmi berkuasa di Myanmar setelah angkatan bersenjata Tatmadaw menahan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi dalam kudeta.


Angkatan bersenjata Tatmadaw juga menahan sejumlah pejabat pemerintahan sipil lain seperti Presiden Myanmar Win Myint dan sejumlah tokoh senior partai berkuasa, Liga Nasional untuk Demokras (NLD).


Pada saat ini kekuasaan di Myanmar dipegang oleh panglima tertinggi Min Aung Hlaing. Ia merupakan tokoh yang memiliki pengaruh politik signifikan dan berhasil mempertahankan kekuatan Tatmadaw (militer Myanmar) meskipun saat negara itu dalam transisi menuju demokrasi.


Ibu Kota Myanmar


Myanmar dahulu dikenal bernama Burma dengan ibu kotanya adalah Yangon (Rangoon) namun kemudian Ibu Kota Myanmar dipindahkan ke Pyinmana.


Jumlah penduduknya, berdasarkan perhitungan tahun 2004 adalah sebesar 54 juta. Populasi ini terdiri dari sejumlah kelompok etnis yang berbeda-beda, baik dalam bahasa, agama, maupun mobilitas sosialnya.


Adapun kelompok etnis yang dominan adalah Bamar dengan bahasa Burmese sebagai bahasa sehari-hari. Kelompok etnis lain di antaranya:


- Shan (berjumlah 10%) yang berbahasa dialek Shan yang memiliki kemiripan dengan bahasa Laos dan Thailand


- Kayin (Karen) sekitar 7% memiliki kemiripan bahasa dengan bahasa yang digunakan kelompok Bamar


- Kemudian ada Rakhine, Kachin, Chin, Chinese, Mon, Indian dan seterusnya.


Mayoritas penduduk Myanmar kebanyakan merupakan beragama Budha Theravada terutama dianut oleh kelompok-kelompok Bamar, Rakhine, Shan, Mon, Chinese.


Hanya Chin dan Kayin yang beragama Kristen, dan Rohingya beragama Islam, dan hanya dalam jumlah kecil saja yang beragama Hindu ataupun animisme.


Sementara Mata uang yang digunakan di Myanmar adalah Kyat.


Letak Geografis Myanmar


Letaknya geografis Myanmar cukup strategis di mana wilayahnya berbatasan langsung dengan 5 negara tetangga, yakni dengan Cina di sebelah utara, Laos di sebelah timur, Thailand di sebelah tenggara, Bangladesh sebelah barat, dan dengan India di sebelah barat laut.


Sedangkan sebelah selatan Myanmar berhadapan dengan Laut Andaman, dan sebelah barat dayanya menghadap ke Teluk Bengal.


Untuk luas wilayahnya Myanmar memiliki wilayah seluas 678.500 kmĀ² dengan area perairannya hanya 3,06% (wilayah pesisir selatan yang berhadapan dengan Laut Andaman dan barat daya dengan Teluk Bengal).



Simak Video "Oposisi Myanmar Deklarasikan Perang Lawan Junta Militer"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia