Alif Lam Syamsiah: Definisi, Contoh, dan Cara Membacanya

Rahma I Harbani - detikEdu
Senin, 26 Jul 2021 14:10 WIB
Ilustrasi membaca al quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Salah satu hukum bacaan Al Quran dalam ilmu tajwid yang perlu diketahui umat muslim adalah hukum bacaan alif lam syamsiah. Lantas, bagaimana hukumnya?

Sebelumnya perlu dipahami terlebih dahulu bahwa dalam ilmu tajwid terdapat hukum bacaan yang disebut dengan alif lam ta'rif atau alif lam mu'arrifah. Menurut buku Dasar-dasar Ilmu Tajwid karya Oleh Dr. Marzuki, M.Ag dan Sun Choirol Ummah, S.Ag., M.S.I., alif lam ta'rif adalah alif lam (ال) yang selalu digandeng dengan kata benda (isim) sehingga kata benda itu menjadi ma'rifah (tertentu atau khusus).

Artinya, alif lam ta'rif merupakan huruf tambahan di awal kata isim. Disebut ta'rif karena fungsinya untuk membuat isim yang nakirah (umum) menjadi ma'rifah (khusus). Misalnya, najm (bintang) merupakan isim yang masih bersifat umum digandeng dengan alif lam (ال). Sehingga menjadi an-najm (bintang itu) bersifat khusus dan dapat diketahui bintang apa yang dimaksud.

Hukum bacaan alif lam ta'rif dibagi menjadi dua macam, yaitu alif lam qamariyah dan alif lam syamsiah. Pembahasan kali ini akan lebih berfokus pada hukum bacaan alif lam syamsiah.

Definisi Alif Lam Syamsiah

Menurut buku yang bertajuk Ilmu Tajwid Lengkap karya Samsul Amin, syamsiah berasal dari kata syamsun yang artinya matahari. Hal ini disebabkan karena huruf syamsiah diibaratkan sebagai matahari. Sementara, lam diibaratkan sebagai bintang-bintang di siang hari yang tidak terlihat saat ada matahari.

Alif lam syamsiah adalah alif lam (ال) yang dirangkai dengan kata benda (isim) dan diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiah. Artinya, hukum bacaan ini terjadu bila alif lam bertemu dengan salah satu huruf syamsiah.

Huruf-huruf syamsiah berjumlah 14 huruf di antaranya adalah tha (ط), tsa (ث), shad (ص), ra (ر), ta (ت), ta (ت), dha (ض), dzal (ذ), nun (ن), dal (د), zai (ز), sin (س), zha (ظ), syin (ش), dan lam (ل).

Cara Membaca Alif Lam Syamsiah

Hukum bacaan ini juga biasa disebut dengan idgam syamsiah karena bacaan alif lam dibaca idgham (memasukkan) ke dalam huruf syamsiah yang ada di depannya. Akibatnya, huruf alif lam menjadi lebur dan tertukar dengan huruf syamsiah yang mengikutinya. Atau seolah-olah dengan membuang lam sukun dan mentasydidkan huruf-huruf syamsiah.

Contoh Bacaan Alif Lam Syamsiah

1. ءَتِ ٱلطَّآمَّةُ ٱلْكُبْرَىٰ (QS. An Naziat: 34) dibaca atiṭ-ṭāmmatul-kubrā
Alasan: alif lam bertemu dengan huruf tha (ط).

2. ٱلنَّجْمُ ٱلثَّاقِبُ (QS. At Tariq: 3) dibaca an-najmuṡ-ṡāqib
Alasan: alif lam bertemu dengan huruf tsa (ث).

3. هُوَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ (QS. At Taubah: 104) dibaca huwat-tawwābur-raḥīm
Alasan: alif lam bertemu dengan huruf ta (ت).

4. ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ (QS. Al Fatihah: 3) dibaca ar-raḥmānir-raḥīm
Alasan: alif lam bertemu dengan huruf ra (ر).

Itulah penjelasan mengenai hukum bacaan alif lam syamsiah. Semoga mudah dipahami ya, detikers!



Simak Video "Batal Naik Haji, Calon Jemaah Haji Tunisia Sumbangkan Uangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia