5 Contoh Izhar Halqi dalam Al Quran dan Cara Membacanya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 13 Jul 2021 14:40 WIB
Yayasan Wisata Hati membuka kelas  belajar membaca Al Quran untuk tukang becak di Solo. Kelas belajar membaca Al Quran itu tidak dipungut biaya alias gratis.
Foto: Agung Mardika/Detikcom/5 Contoh Izhar Halqi dalam Al Quran dan Cara Membacanya
Jakarta - Izhar halqi adalah salah satu hukum bacaan izhar dalam ilmu tajwid. Menurut buku Juz Amma Tajwid Berwarna & Terjemahannya karya M. Khalilurrahman Al Mahfani, izhar mengandung makna memperjelas atau menerangkan secara bahasa.

Menurut bahasa, halqi artinya tenggorokan atau kerongkongan. Adapun arti izhar halqi secara istilah adalah mengeluarkan setiap huruf dari makhrajnya tanpa dengung (ghunnah) pada huruf yang diizharkan.

Huruf yang diizharkan pada kalimat tersebut adalah huruf nun mati ( نْ ) dan tanwin ( ـَــًـ , ـِــٍـ ـُــٌـ ). Meskipun huruf nun ( نْ ) tersebut memiliki sifat yang selalu melekat padanya, yaitu ghunnah, seperti yang dikutip dari buku bertajuk Ilmu Tajwid Lengkap karya Samsul Amin.

Senada dengan itu, buku Dasar-dasar Ilmu Tajwid yang ditulis Dr Marzuki, MAg dan Sun Choirol Ummah, SAg, MSI menyebut nun mati atau nun sukun adalah nun yang tidak berharakat tetap ketika dilafazkan atau tertulis.

Artinya, nun mati tidak dapat dibunyikan kecuali diawali huruf lain yang hidup. Yaitu yang memiliki harakat fathah, kasrah, atau dhammah. Bacaan tanwin sama dengan nun mati, sehingga hukum bacaannya hampir sama.

A. Huruf-huruf izhar halqi dan cara membacanya

Nun mati atau tanwin dibaca jelas bila bertemu dengan huruf halqi (tenggorokan). Ada enam huruf yang masuk kategori ini yaitu gho (غ), 'ain (ع), kho (خ), ha (ح ), ha' (هـ ), dan hamzah (ء).

Cara membaca izhar halqi adalah harus jelas dengan mengucapkan huruf nun sukun dan tanwin sesuai dengan makhraj dan sifat yang dimilikinya, kemudian diiringi dengan huruf izhar juga sesuai dengan makhraj dan sifat yang dimilikinya. Keenam huruf izhar halqi semua makhrajnya ada di tenggorokan sehingga sering disebut izhar halqi.

Dalam kitab Hidayatush Shibyan juga menjelaska satu nazham (struktur bahasa) izhar. Penjelasannya kurang lebih sama dengan yang disebutkan sebelumnya, yaitu kejelasan membaca nun mati dan tanwin pada izhar.

"Ketika ada tanwin dan nun mati bertemu dengan salah satu huruf halaq yang enam, yaitu hamzah (ء), ha (هـ), ha (ح), kha (خ), 'ain (ع), ghain (غ), wajib dibaca Izhar(إِظْهَار) (nun mati dan tanwinnya dibaca jelas)," tulis kitab tersebut.

B. Contoh bacaan izhar dalam Al Quran

Nun sukun atau tanwin tetap dibaca jelas ketika bertemu dengan huruf izhar, ini contohnya:

1. يَنْأَوْنَ (QS. Al An'aam: 26) dibaca yan`auna
Alasan: Nun sukun dibaca jelas ketika bertemu dengan huruf hamzah.

2. كُلٌّ آمَنَ (QS. Al Baqarah: 285) dibaca kullun āmana
Alasan: Tanwin dibaca jelas ketika bertemu dengan huruf hamzah.

3. يَنْهَوْنَ (QS Al An'aam: 26) dibaca yan-hauna
Alasan: Nun sukun dibaca jelas ketika bertemu dengan huruf ha'.

4. قَوْمٍ هَادٍ (QS. Ar-Ra'd: 7) dibaca qaumin hād
Alasan: Tanwin dibava jelas ketika bertemu dengan huruf ha'.

5. مِنْ عِلْمٍ وَلَ (QS. Al Kahfi: 5) dibaca min 'ilmiw wa lā
Alasan: Nun sukun dibaca jelas ketika bertemu dengan huruf 'ain.

Itulah penjelasan izhar halqi dalam hukum tajwid. Sudah bisa dipahami 'kan, sahabat hikmah?

Simak Video "Silaturahmi Senior Golkar Usai Peresmian Mesjid Baru di Markas Partai"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia