Tips Interview Kerja Masuk Pertamina Lengkap dengan Pertanyaannya

Rahma Harbani - detikEdu
Selasa, 20 Jul 2021 12:43 WIB
Logo Pertamina di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta
Tips Interview Kerja Masuk Pertamina Lengkap dengan Pertanyaannya (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Anak Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang penambangan minyak dan gas bumi Pertamina Group membuka lowongan Bimbingan Profesi Sarjana atau BPS Pertamina 2021 bagi lulusan S1-D4 bulan Juni lalu. Seleksi ini sudah mulai masuk pada tahap interview.

Perlu diketahui, tahapan seleksi BPS Pertamina 2021 yang harus dilalui para peserta pada instansi BUMN masing-masing, di antaranya adalah seleksi berkas, tes kemampuan dasar atau test kemampuan bidang, online interview, numeric agility, interview user dan HR (Human Resource), cek kesehatan, dan interview top management.

Peserta yang lulus hingga tahap akhir, belum bisa diangkat menjadi pegawai tetap di Pertamina. Namun, peserta akan melalui masa pendidikan terlebih dahulu dan diterima sebagai peserta pendidikan BPS 2021.

Adapun mengenai tahapan interview pada seleksi BPS Pertamina 2021, Supervisor District HSE di Pertamina Gas sekaligus alumni penerima BPS 2019 Ilham Muawwal menjelaskan tiap tahapan interview berikut dengan tips lengkapnya. Apa saja?

1. Online Interview

Tahapan interview dilakukan untuk memverifikasi jawaban-jawaban peserta dari tes kemampuan dasar sebelumnya dalam waktu 10-20 menit. Pertanyaan yang diajukan biasanya berkenaan dengan perkenalan diri, verifikasi tes sebelumnya, background pendidikan, motivasi, dan pertanyaan seputar kepribadian.

"Ketika menjawab, silakan jawabnya lugas dan tegas. Sebisa mungkin setelah ada pertanyaan ditanyakan, langsung dijawab. Ada jeda selama 3-5 detik sebelum menjawab, itu menunjukkan bahwa teman-teman menjawabnya tidak spontan. Dari point of view dari interviewer," papar Ilham dalam diskusi proses seleksi BPS Pertamina 2021 melalu kanal Youtube Rumah Kepemimpinan, dikutip Selasa (20/7/2021).

Berikut ini tips lengkap dalam menjawab online interview BPS Pertamina 2021.

Tips Online Interview BPS Pertamina 2021

- Wajib cek terlebih dahulu koneksi dan perangkat;
- Berpakaian rapi dan sopan;
- Pelajari unsur tata nilai dan budaya di BUMN dan Pertamina;
- Perhatikan etika dan norma selama interview;
- Lugas, tegas, dan tidak berbelit.

2. Interview User dan HR

Tahapan ini nantinya akan didampingi oleh HR atau HC (Human Capital) bersama dengan orang yang nantinya akan bekerja dengan peserta (user) dalam waktu 15-30 menit. Interview akan dilakukan dalam bahasa Inggris yang bergantung pada permintaan user.

Komposisi pertanyaan pada tahap ini terdiri dari 50% kepribadian, 30% teknis, dan 20% komitmen. Untuk pertanyaan teknis, nantinya disesuaikan dengan proses bisnis lokasi yang dilamar. Pertanyaan interview juga seputar dengan background pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, dan prestasi selama kuliah;

"Lima menit pertama itu sangat menentukan bagaimana nanti keberlanjutan interview dari teman-teman semua. Yang terpenting adalah adab ketika masuk ruang interview. Berlakulah seperti orang yang melamar kerja," jelas Ilham yang juga merupakan alumni Universitas Gadjah Mada ini.

Tips Interview User dan HR BPS Pertamina 2021:

- Ada baiknya untuk bisa membaca CV yang disubmit dahulu sebelum interview;
- Lima menit pertama sangat menentukan jalannya keseluruhan interview;
- Pelajari proses bisnis di lokasi atau perusahaan yang dilamar;
- Jawab pertanyaan dengan konsisten. Konsistensi dan pendirian menjadi salah satu kunci ketertarikan interviewer.

Selanjutnya tips interview dengan top management



Simak Video "Ngaku Pejabat PT Hino Purwakarta, Dua Orang Ini Tipu Puluhan Calon Tenaga Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia