Permainan Sepak Bola Berasal dari Negara Mana? Ini Sejarah Asal-usulnya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 15:21 WIB
Pesepak bola Persib Bandung Ezechiel Ndouasel (kanan) mengecoh penjaga gawang PSM Makassar Hilman Syah (kiri) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). Pertandingan tersebut dimenangkan Persib Bandung dengan skor 5-2. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Foto: Pesepak bola Persib Bandung Ezechiel Ndouasel (kanan) mengecoh penjaga gawang PSM Makassar Hilman Syah (kiri) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). (Agung Rajasa/Ant
Jakarta - Permainan sepak bola menjadi salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Sepak bola juga dikenal sebagai seni mengolah bola. Lantas, permainan sepak bola berasal dari negara mana sebenarnya?


Secara umum, permainan mengolah kulit bundar ini dilakukan secara tim dengan berisi 11 pemain yang berbeda posisi. Permainan sepak bola menjadi populer setelah kemunculan beberapa organisasi dan kompetisi tingkat dunia.


Lantas bagaimana sejarah sepak bola? Dikutip dari buku 'Jago Sepak Bola' oleh Reki Siaga Agustina, berikut ini penjelasan asal permainan sepak bola berasal dari negara mana sebenarnya.


Pengertian Sepak Bola


Sebelum mengenal asal permainan sepak bola, perlu diketahui apa pengertian sepak bola itu. Berikut ini penjelasannya.


Reki Siaga Agustina dalam bukunya menjelaskan sepak bola merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri atas 11 orang pemain atau disebut juga dengan kesebelasan.


Inti permainannya adalah masing-masing tim berusaha memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan berusaha mempertahankan gawangnya sendiri, agar tidak kemasukan bola lawan.


Permainan ini boleh dilakukan dengan seluruh anggota tubuh selain tangan, kecuali penjaga gawang diperbolehkan menggunakan tangan.


Permainan sepak bola berasal dari negara....


Permainan sepak bola berasal dari negara Tiongkok atau China. Sejarah sepak bola tercatat bermula pada masa pemerintahan dinasti Han sekitar abad ke- 2 Masehi sampai ke- 3 Masehi.

Pada saat itu, permainan ini dimulai dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang yang digulung-gulung berbentuk seperti bola.


Cara bermainnya pun tidak jauh berbeda dengan sepak bola modern, yaitu memasukkan bola ke dalam jaring kecil. Permainan tersebut pada masa itu disebut dengan istilah Thu chu.


  • Sepak Bola Jepang


Tak hanya Tiongkok, di Jepang juga ada permainan seperti yang dimiliki Tiongkok, yang disebut dengan 'Kamari'. Alat yang digunakan juga sama seperti bola, terbuat dari kulit kijang yang digulung menjadi bulat.


Permainan ini menjadi salah satu permainan yang digemari pada masa itu, hal tersebut terlihat dari banyaknya orang yang bermain di jalanan yang kosong untuk memainkan 'Kamari' di Jepang.


  • Sepak Bola Inggris


Sementara di Inggris, pada masa Raja Edward, sempat muncul pelarangan terhadap permainan ini, hal tersebut karena banyaknya tindakan kekerasan yang mengarah pada tindakan brutal saat memainkan permainan sepak bola kuno pada saat itu, dikarenakan pada masa itu belum memiliki peraturan permainan yang begitu jelas.


Kemudian pada tahun 1369, Raja Edward III mengizinkan kembali masyarakat bermain sepak bola. Namun, pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I mengeluarkan perintah pelarangan kembali permainan sepak bola.


Ratu Elizabeth menilai setelah izin yang diberikan Raja Edward III, permainan sepak bola tetap dipenuhi tindakan-tindakan kekerasan dan menjurus kepada kebrutalan.


Pada masa itu, sepak bola resmi dilarang, dan bagi yang bersikeras memainkan permainan ini, akan dikenakan hukuman penjara.


Kemudian pada 1680, Raja Charles II dengan beberapa pertimbangan akhirnya mencabut larangan itu. Akhirnya masyarakat pada masa itu bisa bermain sepak bola kembali sampai saat ini.


  • Organisasi Permainan Sepak Bola


Saat permainan sepak bola sangat berkembang pesat di dunia, kemudian terdorong untuk membentuk wadah organisasi sepak bola dunia.


Atas dasar itu kemudian lahirlah Federation International de Football Association (FIFA) di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904.


Sebuah pertemuan yang digagas oleh dua tokoh sepak bola, yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet tersebut dihadiri oleh 7 negara, yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.


Negara-negara tersebut kemudian ditetapkan sebagai anggota FIFA pertama yang diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis.


Adapun tujuan FIFA dibentuk adalah untuk memajukan sepak bola dunia dengan berslogan "For The Game, For The World' yang berarti permainan sepak bola akan menjadi sebuah pemersatu antarbangsa sesudah perang dunia.


Adapun tugas yang diemban oleh FIFA adalah:


- mempromosikan sepak bola


- melakukan pengaturan transfer pemain dari tim ke tim yang lain


- memutuskan gelar pemain terbaik dunia


- mempublikasikan daftar peringkat dunia FIFA pada setiap bulannya


Hingga saat ini, terdapat 209 negara yang tergabung dalam FIFA yang dinaungi oleh beberapa badan asosiasi regional, di antaranya:


1. Asian Football Confederation (AFC)


Asian Football Confederation (AFC) adalah organisasi sepak bola di Asia, tetapi Australia ikut bergabung di AFC. Didirikan pada 8 Mei 1954 di Manila, Filipina. Dengan demikian, AFC merupakan salah satu dari enam konfederasi benua FIFA.


2. Union of European Football Associations (UEFA)


Union of European Football Associations (UEFA) adalah organisasi sepak bola yang berada di benua Eropa.


Sebagai badan sepak bola terbesar di dunia, UEFA menjadi asosiasi yang terkuat dari segi keuangan dan memiliki pengaruh kepada sepak bola dunia.


Paris menjadi kantor UEFA hingga 1959, lalu pindah ke Bern. Swiss menjadi pusat administratif UEFA. Saat ini, UEFA memiliki 53 asosiasi sepak bola nasional.


Itulah penjelasan permainan sepak bola berasal dari negara mana. Sekarang detikers jadi semakin tahu kan?



Simak Video "Lebih Cinta Sepakbola, Pesepakbola Wanita Pilih Tinggalkan Afghanistan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia