Keren! 5 Pesepakbola Ini Ternyata Juga Lulusan S2 Lho

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 15 Jun 2021 14:30 WIB
Manchester Uniteds Juan Mata heads the ball during warm up before the English Premier League soccer match between Manchester United and Leicester City, at the Old Trafford stadium in Manchester, England, Tuesday, May 11, 2021. (Peter Powell/Pool via AP)
Foto: AP/Peter Powell/Keren! 5 Pesepakbola Ini Ternyata Juga Lulusan S2 Lho
Jakarta - Pesepakbola tak hanya bisa bersinar di lapangan hijau, tetapi dia juga di bangku sekolah. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil memperoleh gelar S2 di bidang akademik.

Berikut pesepakbola yang berhasil menamatkan pendidikan hingga menjadi lulusan S2 dikutip dari berbagai sumber:

  • 1. Edwin Van Der Sar

Edwin pertama kali berkarier di dunia sepak bola sejak tahun 1990 dan menjadi kiper dari tim Ajax Amsterdam. Dirinya pun berhasil menjadi juara Liga Champions pada tahun 1994-1995. Sejak itu karirnya terus meningkat hingga di usia senja bersama dengan Manchester United.

Selain sukses di lapangan, Edwin Van Der Sar juga sukses di bidang akademik. Hal tersebut ia buktikan dengan berhasil meraih master di bidang Manajemen Olahraga Internasional.

Setelah berhasil memperoleh gelar master, pria berusia 50 tahun tersebut dipekerjakan sebagai CEO Ajax Amsterdam.

  • 2. Seyi Olofinjana

Seyi Olofinjana pernah bermain bersama klub-klub, seperti Stoke City, Hull City, dan Wolverhampton Wanderers. Walaupun ia tidak terlalu gemilang di bidang sepak bola tetapi dirinya berhasil meraih master di bidang Teknik Kimia.

  • 3. Vincent Kompany

Pesepakbola yang berhasil menjadi lulusan S2 selanjutnya adalah Vincent Kompany. Vincent merupakan bek legendaris dari Manchester City. Tidak hanya lihai di lapangan, Vincent juga berhasil di bidang akademik.

Ia tercatat sebagai lulusan Master Administrasi Bisnis dari Manchester School of Business pada tahun 2012 lalu.

  • 4. Juan Mata

Juan Mata sudah tidak asing lagi di dunia sepak bola. Pria asal Spanyol ini sukses merebut banyak piala secara tim nasional maupun klub. Walaupun begitu, Mata juga peduli terhadap pendidikan.

Mata merupakan lulusan S1 di jurusan jurnalistik. Berkat gelarnya, Mata jadi rajin menulis blog pribadinya. Setelah lulus S1, Mata juga diketahui melanjutkan S2 dengan gelar Master Ilmu Olahraga.

  • 5. Giorgio Chiellini

Selain dikenal sebagai kapten klub Juventus Giorgio Chiellini juga sukses dalam bidang akademik. Dirinya diketahui memiliki gelar master pada jurusan Akademi Bisnis dari University of Turin, Italia.

Itu tadi adalah daftar pesepakbola yang berhasil menjadi lulusan S2 https://www.detik.com/tag/pesepakbola . Detikers, siapa nih pesepakbola yang kalian kagumi?



Simak Video "Dilema Valentino 'Jebret': Pilih Kritikan Netizen Atau Tuntutan TV"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia